pulsa-logo

Kesan Pertama Mencoba Huawei Y5 Prime (2018)


Galing

Senin, 25 Juni 2018 • 10:40

Huawei, Handson Huawei Y5 Prime, handson, handson Huawei, First Impression Huawei Y5 Prime 2018


Sumber: PULSASumber: PULSA

Pilihan ponsel Android layar penuh dengan harga murah terus bertambah setiap waktu. Jika sebelumnya ponsel dengan aspek rasio 18:9 lebih banyak berada pada rentang harga dua juta ke atas, kini saatnya bagi perangkat berharga dua juta ke bawah untuk mulai unjuk gigi.

Salah satunya adalah Huawei Y5 Prime (2018) yang dijadwalkan akan mulai edar awal Juli nanti. Menurut bocoran, ponsel ini akan dijual dengan harga Rp1.599.000. Nah sambil menunggu kedatangannya di pasar domestik, mari kita simak terlebih dulu kesan pertama yang PULSA rasakan saat pertama kali menggenggam smartphone ini.

Desain

Sumber: PULSASumber: PULSA

Desain ponsel ini memang terkesan sederhana dengan pemilihan material plastik. Meski diklaim sebagai ponsel layar penuh, namun keempat bezel ponsel tidak menunjukkan adanya perbedaan siginifikan dengan smartphone berlayar standar. Namun begitu dengan ukuran layar yang mungil, wajar bila ponsel ini terbilang pas kala digenggam.


Penataan tombol dan port pada sekeliling bodi juga cukup familiar sehingga tidak akan membuat pengguna yang pertama kali mencoba menjadi kebingungan. Meraba bagian kiri Anda akan menemui slot kartu nano SIM ganda dan microSD yang dapat dipakai secara bersamaan. 

Layar

Area mukanya terpampang layar berdiagonal 5,45 inci yang telah mengakomodasi resolusi 720x1440 piksel serta aspek rasio 18:9. Sisi bawahnya dihuni oleh ketiga tombol navigasi virtual yang terdiri dari back, home dan recent apps.

Kenyamanan pengguna dalam menatap layar dalam waktu lama juga telah dijamin oleh Huawei dengan menghadirkan fitur Eye Comfort. Sementara mode malam siap jadikan istirahat Anda jadi lebih lelap di malam hari. Tidak hanya itu, pengguna juga mengatur kecerahan secara otomatis serta suhu warna secara manual.

Pilihan kontrol gerakan juga memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan menyapukan tiga jari dari arah atas ke bawah. Dapat merespon lima titik sentuh, layar Huawei Y5 Prime (2018) juga telah mendukung fitur Screen Pinning yang memiliki peran penting dalam menjaga privasi pengguna.

Android Oreo Plus EMUI 8.0

Hadir pada tahun 2018, Huawei Y5 Prime (2018) juga telah dijejali oleh sistem operasi Android Oreo yang menggunakan antarmuka EMUI 8.0. Layar depannya dapat Anda sembunyikan atau munculkan laci aplikasinya cukup dengan mengakses Settings->Home Screen Style.

Urusan kustomisasi tampilan juga bisa dilakukan dengan memilih tema atau wallpaper yang telah disertakan. Sayangnya pilihan bawaan yang disertakan tidak dapat ditambah dengan mengunduhnya lewat toko aplikasi.

Dua fitur seperti Face Unlock dan Gesture Wake kabarnya juga akan menyambangi perangkat lewat sebuah pembaruan software. Meski demikian tidak diketahui kapan kiranya pembaruan tersebut akan mulai bergulir di tanah air.

Performa

Sumber: PULSASumber: PULSA

Sumber: PULSASumber: PULSA

Berbicara performa, Y5 Prime (2018) diotaki oleh dapur pacu MediaTek MT6739 yang merupakan prosesor quad core 1,5GHz. Kinerjanya juga didukung oleh RAM berkekuatan 2GB serta memori internal berkapasitas 16GB.

Asupan daya ponsel ditunjang dengan baterai berkapasitas daya 3.020mAh yang dapat bertahan hingga seharian penuh. Meski begitu Anda juga harus tahu bahwa perangkat ini memang belum mendukung fitur pengisian daya cepat.

Bagian dalam ponsel ini sanggup meraih skor 37.037 saat diuji dengan aplikasi AnTuTu Benchmark. Sedang saat menggunakan Geekbench diperoleh skor 650 dan 1.696 untuk masing-masing pengujian single core dan multi core.

Kamera

Sebagai perlengkapan mengabadikan momen sudah dipersiapkan kamera berukuran 13MP untuk sisi belakang dan 5 megapiksel untuk area depan. Kamera utama dapat mengambil gambar dengan bantuan pencahayaan lampu kilat LED, sementara untuk selfie akan menggunakan bantuan software.

Lebih lanjut tentang fitur dan pengaturan apa saja yang bakal dibenamkan pada sang kamera, silakan baca ulasan selengkapnya dari kami pada PULSA edisi 390 atau di tabloidpulsa.co.id beberapa hari lagi. (Galing)