pulsa-logo

Gunakan Chipset 7nm untuk iPhone 2018, Apple Andalkan TSMC


Galing

Senin, 25 Juni 2018 • 11:54

Apple, iPhone 2018, Apple iPhone, Apple A12, Chipset A12


Sumber: PhoneArenaSumber: PhoneArena

Awal bulan Juni ini CEO TSMC , CC Wei telah memberikan konfirmasinya kepada media bahwa saat ini mereka tengah mengerjakan pembuatan chipset dengan proses produksi 7nm. Prosesor Apple A12 diprediksi akan jadi chipset pertama yang bakal mengusung teknologi ini serta akan jadi tenaga pacu di balik model iPhone yang akan meluncur pada tahun 2018 ini. Fakta ini secara tidak langsung akan menempatkan Apple sebagai kontributor utama dalam mendongkrak pertumbuhan produksi chipset 7nm oleh perusahaan.

TSMC juga mengumumkan telah berhasil meningkatkan kapasitas produksi wafer chipset miliknya hingga 9,5% dari tahun lalu. Tahun 2017 ada sekitar 10,5 juta wafer chipset berukuran 12 inci yang berhasil diproduksi oleh TSMC, sementara pada tahun ini kabarnya akan dapat memproduksi hingga sejumlah 12 juta unit wafer.

TSMC bahkan telah menerima pesanan chipset 7nm dari 20 perusahaan yang diantaranya meliputi AMD, NVidia dan Qualcomm. Semua pesanan ini kabarnya akan mulai direalisasikan pada semester pertama tahun 2019 mendatang. Guna memenuhi pesanan yang masuk, perusahaan yang bermarkas di Taiwan tersebut bahkan telah memmbuat lebih kurang 50 desain chip prosesor dengan proses produksi 7nm tersebut.

Desain yang dibuat kabarnya akan melibatkan pula penmanfaatan teknologi AI, GPU, Cryptocurrency hingga penyematan chip koneksi 5G. Sementara pada kuartal ketiga 2018, TSMC juga akan memulai produksi chipset 7nm miliknya dengan memanfaatkan teknologi Extreme Ultraviolet Lithography (EUV) yang menjanjikan pencetakan desain wafer yang lebih akurat. Selain dapat menghemat waktu, EUV juga akan dapat membantu perusahaan untuk dapat memproduksi chipset yang jauh lebih bertenaga serta efisien daya.

Lebih mengejutkan lagi, TSMC bahkan telah menancapkan target untuk memulai pula proses produksi chipset dengan fabrikasi 5nm paling cepat pada awal semester kedua tahun 2019 mendatang. (Galing)

Sumber: Digitimes via PhoneArena