pulsa-logo

Samsung Patenkan Disain Smartphone Layar Ganda Depan-Belakang


Nariswari

Senin, 25 Juni 2018 • 17:04

Samsung,bezel lez,galaxy,galaxy note


MobielkopenMobielkopen

Maraknya tren desain bezel-less yang berkembang saat ini, cukup wajar jika kita membayangkan smartphone masa depan Samsung akan digarap dengan desain yang lebih revolusioner. Sebuah bocoran paten terbaru setidaknya mengungkap sedikit banyak hal tentang  desain smartphone generasi mendatang Samsung Galaxy  yang didesain dengan layar ganda.  Satu layar besar di bagian depan, dan dan yang lain, yang merupakan layar yang lebih kecil ditempatkan di bagian belakang.

Penggarapan layar kedua di smartphone bukanlah inovasi baru.  LG sudah melakukannya di LG V20 dan  Meizu mengemas desain tersebut  dengan layar belakang pada Meizu Pro 7. Selain itu  Yotaphone dengan layar belakang-mount e-ink mereka yang sangat inovatif. Konsep-konsep ini telah diimplementasikan dengan berbagai tingkat keberhasilan, dan Samsung rupanya mematangkan  smartphone dengan layar kedua.

Pengajuan hak paten Samsung tersebut  tidak pernah dimaksudkan untuk benar-benar menggambarkan perangkat yang akan datang dan lebih merupakan kerangka untuk teknologi tertentu, atau teknologi yang  kemungkinan digunakan dalam satu atau lebih perangkat  Samsung di masa depan.

Hal yang paling menarik dalam sketsa ini adalah layar yang dipasang di belakang yang lumayan besar. Smartphone Samsung Galaxy masa depan tersebut sepertinya akan dibekali dengan casing tembus pandang 360 derajat. Selain itu, pada bagian bekalang, terdapat layar kedua yang ukurannya lebih kecil dan cenderung lebih rendah daripada layar utama. Layar kedua ini dapat memainkan peran yang selalu ditampilkan pada layar utama, namun dengan membutuhkan  lebih sedikit daya.

Kemungkinan penerapan dan manfaat dari layar kedua ini sangat banyak. Salah satunya  ruang modul kamera yang saat ini yang digunakan oleh Samsung. Bahkan jika Samsung memiliki rencana untuk membenamkan pemindai sidik jari yang terpasang di bawah layar kedua, tentu adalah inovasi yang keren.

Berdasarkan sketsa paten tersebut, juga diketahui bahwa nampaknya smartphone tersebut tidak akan dilengkapi dengan headphone jack 3,5mm. Dan yang agak ganjil adalah  tidak nampaknya kamera depan. Mungkinkah desain ini dimaksudkan untuk digunakan hanya dengan kamera yang menghadap ke belakang, yang kemudian dapat difungsikan sebagai kamera selfie saat Anda memutar ponsel (berkat layar kedua)? Entahlah.

Selain tidak terlihat kamera depan, smartphone ini juga tidak dibekali dengan pemindai iris  pada layar. Juga tidak ada pemindai iris pada layar. Bahkan, satu-satunya hal yang tampaknya digambarkan dalam sketsa adalah earpiece dan aproximity sensor di panel atas.


Namun, karena sejauh ini baru sebatas pengajuan hak paten, belum tentu  dimaksudkan untuk menggambarkan secara persis  Samsung Galaxy generasi mendatang. Namun, beberapa ide revolusioner ini terlihat  sangat menarik di dokumen paten tersebut.  (Nariswari)

Sumber: Mobielkopen via Phonearena