pulsa-logo

Sayang Banget, 7 Smartphone Premium Ini Tidak Dijual di Indonesia


Nariswari

Kamis, 28 Juni 2018 • 10:52


Beberapa tahun belakangan ini, OEM global berlomba-lomba untuk menggarap smarphone generasi terbarunya dengan dibekali berbagai spesifikasi premium, yang memang ditujukan untuk segmen high-end. Penggunaan jenis prosesor versi terbaru, kapasitas RAM dan ROM yang cukup besar, hingga dibekalinya berbagai fitur inovatif dan desain yang unik, yang menjadikan smartphone premium memang didambakan oleh pasar. Namun, sayangnya tidak semua smartphone premium keluaran terbaru menyambangi pasar tanah air. Alih-alih berharap smartphone premium tersebut dijual di sini, nyatanya jajaran smartphone premium ini mudah ditemui di negara lain. Sayang banget ya?

Sebenarnya, salah satu faktor penyebab mengapa hal ini terjadi adalah dikarenakan aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri)  untuk smartphone 4G yang dijual di Indonesia. Aturan ini jelas membuat “kelimpungan” sejumlah OEM, hingga menjadikan mereka menahan diri untuk meluncurkan smartphone terbaru mereka di Indonesia.  Bahkan ada yang lantas hengkang dari pasar Indonesia.

TKDN sebenarnya melindungi, mengurangi deficit nilai perdagangan dalam negeri dan memiliki keberpihakan besar pada Indonesia. Bagaimana tidak? Aturan TKDN ini mengharuskan adanya nilai atau persentase komponen produksi buatan Indonesia yang dipakai dalam sebuah produk berbasis jaringan 4G LTE. Komponen tersebut bukan cuma soal hardware saja, tapi juga memperhitungkan software hingga tenaga kerja lokal. Sederhananya, vendor smartphone dari yang besar hingga kecil, mesti memasukkan komponen dalam negeri ke dalam smartphone buatan mereka, jika tidak ingin dilarang untuk berjualan di Indonesia. Dan perlu Anda ketahui, jumlah impor smartphone berpengaruh pada peningkatan defisit nilai transaksi perdagangan dalam negeri.

Semenjak aturan TKDN sudah diberlakukan, produk yang tidak memenuhi aturan tersebut sudah tentu tidak akan diperbolehkan untuk dipasarkan dan tidak boleh dijual di Indonesia. Ironisnya, cukup banyak smartphone premium yang tidak bisa dijual di Indonesia, dikarenakan terganjal TKDN. Dan berikut ini Tabloid PULSA mengangkat 7 smartphone premium yang (sayangnya) tidak dijual di tanah air!

1.    ESSENTIAL PHONE

Essential Phone adalah salah satu smartphone premium yang termasuk dalam daftar smartphone yang tidak dijual di Indonesia. Smartphone ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan spesifikasi premium di dalamnya.  Dimulai dari layar bezel-less berukuran 5,71 inci yang menghasilkan rasio aspek yang tidak biasa yakni 19:10. Kinerjanya dipicu oleh chipset Snapdragon 835, RAM 4GB dan ROM 128. Smartphone ini ditenagai oleh baterai berkapasitas daya 3,040mAh. Bagian belakangnya dilengkapi sistem dual camera yang mencakup sepasang kamera dengan resolusi 13MP dan aperture f / 1.85. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8MP dengan aperture f / 2.2. Bagian belakangnya  juga menyimpan pin pogo modular untuk melampirkan kamera 360 derajat atau modul lainnya yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Dari segi desain, Essential Phone  memiliki bingkai titanium dan chassis berbahan  keramik yang memberikan identitas premium. Adapun harga Essential Phone dalam masa promosi saat diluncurkan adalah USD$ 449 (setara dengan Rp. 6,5 jutaan).