pulsa-logo

Lebih Dekat dengan Acer Swift 3 (SF315-41), Laptop Berbodi Tipis Nan Stylish


Fauzi

Kamis, 28 Juni 2018 • 11:40

Acer Swift 3


Acer Swift 3, Image: AcerAcer Swift 3, Image: Acer

Sebagaimana diketahui, Acer baru saja melepas jajaran laptop baru, di mana satu di antaranya adalah seri Swift 3. Bicara soal Acer Swift 3 (SF315-41), laptop tipis ini hadir dalam dua varian prosesor Ryzen Mobile terbaru dari AMD, yakni AMD Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U.

Prosesor AMD generasi ke delapan ini diklaim mengusung performa menakjubkan karena bisa meningkatkan hingga 200% performa CPU lebih tinggi dan peningkatan performa GPU hingga 128% lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya dari AMD. Sehingga pengolahan data dan gambar menjadi lebih cepat dan efisien. AMD Ryzen Mobile juga dapat menghemat sampai 58% power dibandingkan teknologi APU dari AMD sebelumnya.

Dari sisi tampilan, Acer Swift 3 seri AMD Ryzen Mobile tampil dengan desain tipis dan simetris dengan ketebalan 18.9 mm dengan bobot yang cukup ringan mencapai 2.1 kg. Hal ini membuat Swift 3 siap dan mudah dibawa kapanpun. Sebagai sumber tenaga, Acer Swift 3 seri Ryzen Mobile ini disokong baterai yang mampu digunakan hingga 10 jam pemakaian dengan sekali pengisian daya.

Untuk display, Acer Swift 3 dibekali layar IPS 15.6” beresolusi Full HD (1920 x 1080p). Sementara untuk penyimpanan, Swift 3 memberikan pilihan penyimpanan berupa HDD berkapasitas 1TB (pada Swift 3 dengan AMD Ryzen 5) dan dual storage SSD + HDD (pada Swift 3 dengan AMD Ryzen 7).

AMD Ryzen Mobile

Acer Swift 3 hadir dalam dua varian prosesor terbaru dari AMD generasi ke dua yakni Ryzen 5 (2500U) dan Ryzen 7 (2700U) yang disertai dengan Extended Frequency Range (mXFR). Kedua varian prosesor ini sanggup memberikan kinerja CPU yang maksimal. Pada teknologi terbaru AMD Ryzen berhasil mencatatkan nilai 615 pada uji CPU di aplikasi  Cinebech R15. Hasil ini naik sekitar 200% dari teknologi sebelumnya. Hal ini untuk mengoptimalkan pengolahan data dan gambar yang lebih cepat, sehingga sangat cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi serta multitasking.

Ryzen Mobile 2500U bekerja pada clock speed 2.0 GHz dan Turbo 3.6 GHz, integrasi GPU Vega 8 (512 stream processor) dan clock speed 1100 MHz. Untuk Ryzen Mobile 2700U beroperasi pada clock speed 2.2 GHz, Turbo 3.8 GHz, integrasi GPU Vega 10 (640 stream processor) clock speed 1300MHz. Dengan dua prosesor tersebut AMD menjanjikan konsep notebook ultrathin dan tetap memiliki performa tangguh di game beresolusi 1080p khususnya untuk jenis game seperti Overwatch, League of Legends dan DOTA 2.


Desain Stylish

Acer Swift 3 seri Ryzen Mobile ini dibekali dengan desain stylish yang ramping, tipis serta ringan. Desain simetris dan lekukan bulat sempurna di tiap sudutnya dengan balutan bahan metal, memberikan kesan kokoh dan membuat penampilan keseluruhan terlihat sangat tipis dan elegan. Dengan desain yang ringkas, membuat Swift 3 siap dan mudah dibawa kapanpun.

Baterai Tahan Lama

Sebagai sumber tenaga, Acer Swift 3 mampu digunakan hingga 10 jam pemakaian dengan sekali mengisi full daya. Ditambah dengan teknologi AMD Ryzen yang dapat menghemat konsumsi daya hingga 50%. Sehingga pengguna bisa beraktivitas dari pagi hingga malam hari tanpa harus membawa charger.

Fingerprint scanner touch dan backlit keyboard

Sama seperti seri Swift 3 sebelumnya, Swift 3 seri AMD Ryzen ini juga telah menggunakan fingerprint scanner untuk login. Acer touch fingerprint reader adalah sistem otentikasi biometric yang menawarkan kecepatan dan kemudahan tanpa mengorbankan keamanan dan privasi. scanner terletak pada bagian kanan dan bekerja dengan dukungan Windows Hello pada Windows 10. Acer Swift 3 kali ini juga telah ditunjang dengan backlit keyboard sehingga tetap produktif walaupun di tempat dengan kondisi pencahayaan yang minim. Karena dengan backlit keyboard yang dapat diatur dengan 3 tingkat kecerahan.

Konektivitas

Untuk konektivitas, Acer Swift 3 dilengkapi Dual Band WLAN AC 2x2 MU-MIMO. Dengan teknologi MIMO yang terdapat pada notebook Acer Swift 3, pengguna dapat merasakan koneksi internet 2 kali lebih cepat dibandingkan teknologi WLAN 11ac lainnya yang belum menggunakan teknologi tersebut. Pengguna dapat menggunakan akses internet yang sangat cepat untuk kebutuhan sehari-hari seperti menikmati layanan video streaming, mendownload dan mengupload file bahkan bermain game online. Teknologi MIMO pada Acer Swift 3 menawarkan kecepatan download 3 kali lebih cepat sehingga Anda tak perlu khawatir dalam mendownload file berukuran besar.

Fitur Power-off USB Charging

Acer Swift 3 seri AMD Ryzen juga telah dibekali fitur power-off USB charging dengan port USB 3.0, pengguna dapat mengisi ulang daya perangkat lain seperti smartphone walaupun notebook Swift 3 dalam keadaan off. Acer Swift 3 ini akan berfungsi layaknya powerbank. Selain itu Acer Swift 3 seri AMD Ryzen Mobile memiliki USB Type C port 3.1 yang fungsional. satu port, bisa mengisi daya baterai notebook, data transfer hingga 5Gbps, dan bisa sebagai port display. (Ozi)