pulsa-logo

Survey: 15-20% Pengguna Android Beralih ke iOS


Nariswari

Kamis, 28 Juni 2018 • 12:06

Survey: 15-20% Pengguna Android Beralih ke iOS


Hasil survey terbaru yang dilakukan oleh CIRP menunjukkan bahwa  15-20% dari pengguna Android, akan beralih menggunakan iOS. Menurut data survey CIRP terbaru tersebut, dari periode September 2017 -Maret 2018, pembeli Android tampaknya cenderung lebih tertarik pada model smartphone berbasis iOS yang memiliki desain layar lebih lapang dan harga banderol yang kompetitif.

Tidak mengherankan, model yang paling populer untuk menjaring pembeli 'baru' termasuk menjaring konsumen Android  adalah iPhone 8.

Sebanyak 40% pelanggan Android kemudian beralih membeli model iPhone 8. Adapun model iPhone yang lebih lawas, penjualannya juga cukup baik. Jelas, faktor  harga banderol yang terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa pengguna Android “berpindah hati”.

iPhone 7 menyumbang 25% dari semua pembelian, sedangkan iPhone 6s varian layar yang  besar menyumbang 15% dari pembelian. Namun ironisnya, ketiga seri iPhone tersebut “kurang menarik minat” di antara pelanggan iOS sendiri. Maksudnya, pengguna iOS yang memiliki perangkat lebih lawas, masih enggan untuk membeli perangkat iOS dari ketiga seri tersebut.

via Gizchinavia Gizchina

IPhone SE menunjukkan data yang mengejutkan. Meskipun seri iPhone ini dianggap sebagai  salah satu seri iPhone dengan  penjualan terlemah dalam menarik pelanggan Android, namun iPhone SE masih menyumbang lebih dari 10% penjualan iPhone.

Dan iPhone X, yang merupakan iPhone terbaik yang pernah diluncurkan oleh Apple adalah salah satu seri iPhone yang berhasil menarik perhatian pengguna Android. Ponsel ini sangat populer di kalangan pengguna iOS. Namun sepertinya Apple perlu mempertimbangkan kompetisi sengit dengan OEM yang juga meluncurkan smartphone Android berdesain notch, yang harganya jauh lebih murah. Seperti misalnya Xiaomi Mi 8.


Pencapaian statistik yang diperoleh Apple ini, bukan tanpa perjuangan. Apple selama ini menjalankan kampanye pemasaran yang cukup  besar untuk menarik “perhatian” pengguna Android, agar beralih menggunakan perangkat iOS. Dan ternyata strategi ini terbayar. (*)

Sumber: Gizchina