pulsa-logo

Wuih! Ini Fitur Baru di Instagram, Dari Efek Kamera Keren Hingga Video Chat


Fauzi

Kamis, 28 Juni 2018 • 13:55

Fitur Baru di Instagram


Image: InstagramImage: Instagram

Ada kabar gembira untuk Anda para Instagramer. Yup, lewat sebuah keterangan resmi Instagram mengumumkan perihal fitur-fitur terbaru seperti Video Chat, Kanal Topik di laman Explore, hingga efek kamera yang keren di Stories yang telah tersedia mulai hari ini. Berikut uraian lengkap dari Instagram mengenai fitur-fitur baru tersebut.

Video Chat di Instagram Direct

Sekarang, Anda dapat melakukan video chat melalui Instagram Direct, baik ke satu orang teman maupun grup teman-teman Anda. Fitur ini akan memberikan Anda pengalaman berbagi video real-time secara personal bagi teman-teman terdekat Anda. Melalui fitur ini, Anda dapat terhubung lebih mudah melalui perangkat iOS dan Android tanpa memerlukan nomor telepon.

Untuk menggunakan video chat, geser kiri laman utama Anda untuk masuk ke Direct dan buka salah satu thread pesan Anda. Ketuk ikon kamera terbaru di sisi kanan atas layar dan teman Anda akan menerima notifikasi panggilan masuk, sehingga mereka tidak akan melewatkannya. Ketika sedang melakukan video chat, Anda dapat mengecilkan layar video dan melanjutkan kegiatan lain di Instagram, termasuk mengirim pesan dan foto melalui Direct, menelusuri feed, mengunggah Stories, dan lainnya.

Video chat juga seru untuk digunakan bersama sekelompok teman dekat Anda, di mana Anda dapat melakukan video chat dengan maksimal empat orang di saat yang bersamaan. Seiring dengan perkembangannya, fitur ini akan menambah jumlah teman yang dapat bergabung. Jika ada sebuah video chat yang sedang berlangsung dalam utas pesan grup, ikon kamera akan berubah menjadi biru. Ketuk ikon tersebut dan Anda akan bergabung dalam keseruan video chat bersama teman-teman Anda tanpa batasan waktu. Ketika Anda ingin meninggalkan video chat, ketuk ikon telepon berwarna merah di bagian bawah layar.  

Anda memiliki kendali penuh terhadap video chat Anda. Anda dapat melakukannya dengan siapapun yang berada dalam laman Direct. Jika Anda memblokir seseorang, mereka tidak dapat melakukan video chat dengan Anda. Anda juga dapat mematikan notifikasi panggilan masuk dari akun tertentu yang tidak ingin Anda terima. Untuk memperbarui notifikasi video chat, ketuk ikon roda gigi pada profil Anda dan temukan pengaturan video chat terbaru di Push Notification.

Kanal Topik di laman Explore


Kanal topik di laman Explore akan memberikan Anda cara baru untuk menemukan hal yang menarik di Instagram. Lebih dari 200 juta pengguna mengunjungi laman Explore setiap harinya untuk menemukan ide dan inspirasi baru. Sekarang, Anda akan semakin mudah dalam mencari postingan yang ingin Anda lihat dan akun yang ingin Anda ikuti.

Dengan Kanal Topik, Anda memiliki kendali untuk menavigasi jenis postingan di laman Explore. Ketika membuka laman Explore, Anda akan melihat barisan pilihan kanal pada bagian atas layar dengan saluran yang telah dipersonalisasi, termasuk kanal “Untuk Anda (For You)”, yang memiliki berbagai postingan yang telah disesuaikan dengan minat Anda. Anda akan melihat kanal topik yang Anda sukai seperti Seni, Olahraga, Kecantikan, atau Fesyen – serta daftar hashtag yang memberikan cara baru untuk mengeksplor minat. Sekarang, ketika Anda ingin mencari inspirasi terkait destinasi wisata terbaru, Anda dapat mencari postingan dengan mudah dan mengikuti akun atau hashtag tertentu.

Kami juga memberikan Anda cara yang lebih baik untuk mengontrol apa yang Anda lihat di laman Explore. Anda dapat menelusuri berbagai minat Anda dengan menggeser setiap postingan, atau Anda dapat menelusuri minat Anda lebih dalam dengan menekan kanal tertentu atau menggulir ke atas. Jika Anda ingin menghapus kanal topik, tekan dan tahan kanal tersebut lalu pilih “Diam” atau “Mute” dari menu, sehingga kanal tersebut akan berpindah pada bagian paling akhir, memberikan Anda opsi untuk mengaktifkannya kembali kapan saja.

Efek Kamera Terbaru

Kini, Anda juga akan melihat efek kamera terbaru yang dirancang khusus oleh Ariana Grande, Buzzfeed, Liza Koshi, Baby Ariel, dan NBA di kamera Instagram Anda. Baik untuk membuat teman Anda tertawa atau menambah efek foto selfie, kini ada cara baru untuk mengekspresikan diri dan merasa lebih dekat dengan akun favorit Anda.

Anda dapat melihat efek terbaru di kamera Instagram, jika Anda mengikuti akun-akun tersebut dengan mengetuk ikon wajah di bagian kanan bawah. Jika Anda tidak mengikuti akun tersebut tetapi melihat efek yang Anda sukai, cukup ketuk untuk mencobanya dan menambahkannya ke kamera Anda.

Efek-efek ini hanyalah sebuah permulaan. Kami tidak sabar untuk menambahkan efek-efek baru lainnya dari akun favorit Anda.

Fitur-fitur terbaru ini tersedia di Android dan iOS mulai hari ini. (Ozi)

Sumber: PR