pulsa-logo

Kencan Singkat Bersama LG K9 Dual BTS Edition


Galing

Kamis, 28 Juni 2018 • 15:26

LG K9 Dual, LG K9 BTS Edition


Foto: PULSAFoto: PULSA

LG pada bulan Mei lalu telah mengumumkan akan segera mengedarkan ponsel entry level berjuluk K9 dengan menggandeng grup Boyband BTS. Dengan berkolaborasi bersama grup yang namanya melejit setelah memenangkan gelar Top Social Artist of the Year 2017 pada ajang penghargaan Billboard Music tahun lalu ini, LG tentu berharap dapat memikat BTS Army yang merupakan komunitas penggemar grup tersebut untuk membeli ponsel ini.

Dipatok pada rentang harga di bawah Rp1,5 jutaan, K9 hadir dengan deretan spesifikasi yang boleh dibilang cukup bersahaja. Sebut saja prosesor Qualcomm Snapdragon 212, RAM 2GB dan ruang penyimpanan seluas 16GB. Nah bagi Anda yang tertarik dengan harganya yang cukup ramah di kantong, berikut PULSA paparkan dulu kesan pertamanya saat mencicipi sang perangkat.

Desain

Foto: PULSAFoto: PULSA

Sebagai ponsel kelas bawah wajar bila perangkat ini hadir dengan bodi plastik serta layar dengan aspek rasio standar. Bezel dari perangkat ini juga terlihat tebal dengan penutup bagian belakang yang dapat dibuka. Baterai yang disertakan juga dapat Anda lepas dengan mudahnya, sehingga akan memudahkan pengguna yang akan menggantinya jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan.

Tidak seperti ponsel Android lainnya, tombol daya K9 Dual diletakkan di bagian punggung dengan bentuk menyerupai sensor pemindai sidik jari. Sebagai gantinya, pengguna sayangnya harus rela kehilangan sensor sidik jari. Meski bagian depan dari sang perangkat memiliki dagu yang terlihat lebar, namun Anda tidak akan menemui tombol navigasi fisik di sana.


Sedang untuk tombol pengatur volume tampak menghuni ruas kiri dengan slot kartu berada satu lokasi dengan baterai removable yang disandangnya. Asyiknya lagi, Anda juga akan mendapatkan slot kartu microSD yang dapat dipasang bersamaan dengan kartu SIM kedua. Port audio menghiasi bagian atas, sementara port microUSB tampak dibenamkan pada sisi bawah dari sang perangkat.

Display dan OS

Foto: PULSAFoto: PULSA

Area mukanya terpampang layar berdiagonal 5 inci yang telah mengakomodasi resolusi HD. Empat tombol navigasi virtual yang terdiri dari back, home, recent apps dan SIM Card Switch Key. Kenyamanan pengguna juga telah ditunjang pula dengan fitur gesture KnockOn yang memungkinkan layar menyala dari kondisi mati cukup dengan mengetuk sebanyak dua kali.

Pilihan pengaturan standar lainnya juga turut disiapkan seperti display size, ukuran dan tipe font hingga auto brightness. Hadir pada tahun 2018, LG K9 Dual memang baru dibekali oleh sistem operasi Android Nougat. Antarmuka LG UX yang digunakan juga dapat dipilih untuk menyembunyikan atau memunculkan laci aplikasi dengan mengakses Settings->Home Screen.

Urusan kustomisasi tampilan juga bisa dilakukan dengan memilih tema atau wallpaper yang telah disertakan. Ragam tema yang disertakan juga dapat ditambah dengan mengunduhnya lewat toko aplikasi Smart World milik sang vendor. Seperti sudah disinggung sedikit di atas, pengguna K9 Dual dapat mengunduh pula BTS Value Pack Download yang merupakan fasilitas yang dijejalkan dalam perangkat ini.

Performa

Foto: PULSAFoto: PULSA

Bicara kinerjanya, K9 Dual diotaki oleh dapur pacu Qualcomm Snapdragon 212 yang merupakan prosesor quad core 1,3GHz. Kinerjanya juga didukung oleh RAM berkekuatan 2GB serta memori internal berkapasitas 16GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD.

Pasokan daya ponsel ditunjang dengan baterai berkapasitas 2500mAh yang dapat bertahan hingga seharian penuh. Memiliki kombinasi hardware yang tak terlalu tangguh, wajar bila ponsel ini hanya mencatat skor 29.291 saat diuji dengan aplikasi AnTuTu Benchmark. Sedang saat menggunakan Geekbench diperoleh skor 439 dan 1.177 untuk masing-masing pengujian single core dan multi core.

Foto: PULSAFoto: PULSA

Kamera

Sebagai alat untuk mengabadikan momen sudah dipersiapkan kamera dengan resolusi 8MP untuk sisi belakang dan 5 megapiksel untuk area depan. Kamera utama dapat mengambil gambar dengan bantuan pencahayaan lampu kilat LED, sementara untuk selfie akan menggunakan bantuan software. Buat pengguna yang ingin mendapatkan photocard gratis dalam paket penjualannya, PULSA menyarankan Anda untuk membelinya melalui lapak online JD.ID.

Pengalaman PULSA yang mencoba membeli unit dari kompleks pertokoan ITC Roxy Mas memang tidak akan mendapatkan paket foto personel dari grup BTS. Konsumen yang hanya tertarik untuk menggunakan ponsel ini mendapatkan manfaat tambahan pula dengan disertakannya kartu perdana Simpati TAU. Lebih lanjut tentang fitur dan pengaturan apa saja yang bakal dibenamkan pada sang kamera, silakan tunggu saja ulasan selengkapnya dari kami pada PULSA edisi 391 mendatang. (Galing)