pulsa-logo

iPhone Dual-SIM Pertama Akan Hadir Tahun Ini


Nariswari

Senin, 02 Juli 2018 • 10:06

iPhone Dual-SIM


Ilustrasi, Foto: PULSAIlustrasi, Foto: PULSA

Smartphone berkemampuan dual-SIM sudah menjadi fitur yang umum ditemui di banyak smartphone Android di seluruh dunia.

Nah, berkaitan dengan dual-SIM, sebuah kabar terbaru yang berasal dari media lokal China’s 21st Century Business Herald, menyebutkan bahwa iPhone generasi mendatang yang dirilis masih tahun ini akan hadir dalam beberapa varian.

Menurut berita tersebut, dua dari tiga model iPhone yang akan diungkapkan oleh Apple tersebut akan menampilkan kemampuan dual SIM-dual standby. Hanya unit yang dijual di China akan dilengkapi dengan tray SIM ganda dan kemampuan dual standy tersebut. Untuk negara-negara lain, Apple akan membawa solusi yang berbeda di iPhone generasi terbarunya tersebut.

Pada tahun 2014, Apple pernah meluncurkan Apple SIM, yang tertanam di dalam iPad Air 2. Solusi ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengubah penyedia nirkabel tergantung pada mana yang menawarkan harga, kondisi, dan jumlah data terbaik. Sementara lebih dari 180 negara mendukung Apple SIM, Cina adalah pengecualian. Untuk alasan itulah, maka Apple akan merilis varian eksklusif ini dengan tray SIM  ganda di China di tahun ini.

Menurut kabar tersebut, kemampuan dual-SIM yang dihadirkan ke model iPhone generasi terbaru, akan menjadi cara yang yang sangat bagus untuk memompa penjualan iPhone model terbaru di pasar Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Lalu mengapa Apple bersikeras untuk menggarap iPhone dengan model dual SIM + dual standby untuk pasar Cina?

Salah satu alasannya adalah karena Cina adalah pasar yang sangat strategis. Selain itu, data yang diperoleh dari China Internet Network Information Center menyebutkan bahwa sekitar 4 juta pemilik smartphone di Cina menggunakan beberapa kartu SIM dalam smartphone mereka. Preferensi pasar Cina selama ini lebih banyak mengarah ke penggunaan smartphone berbasis OS Android yang dilengkapi dengan kemampuan membaca dual SIM.


Terlepas dari kenyataan ini, iPhone memiliki pengaruh yang cukup besar di Cina, dan dengan rencana  Apple untuk menghadirkan iPhone dengan kemampuan dual SIM+ dual standby di pasar Cina, setidaknya akan meningkatkan kekhawatiran dan ancaman bagi  produsen smartphone Android di negara tersebut. Karena mereka harus siap berkompetisi sengit dengan produsen raksasa sekelas Apple, untuk memasarkan smartphone dual SIM-nya di pasar Cina.  

Namun sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut terkait nama/seri iPhone yang akan dirilis, kapan akan diluncurkan ke publik, dan detail spesifikasi yang akan dimilikinya. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2