pulsa-logo

UC Browser dan Lazada: Konten Jualan Ini Paling Banyak Diakses Sepanjang Ramadan


Hairuddin

Selasa, 03 Juli 2018 • 10:37

UC Browser, UC Trend, Lazada, Belanja Ramadan, Tren Belanja Ramadan 2018


(Foto: UC Browser dan Lazada)(Foto: UC Browser dan Lazada)

Berdasarkan laporan bersama Konsumsi selama Ramadan tahun 2018 Lazada dan UC Browser, terdapat 6 milyar page views yang diakses melalui UC Browser selama Ramadan, dengan lebih dari 800 penyedia konten dan hampir 600 ribu artikel.

Rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna mengakses UC Browser adalah 40 menit dan berdasarkan data yang terlihat di App Annie, waktu tersebut hampir 1,5 kali dari rata-rata yang pengguna habiskan melalui Chrome dari kurun waktu tanggal 11 Mei hingga 20 Juni 2018. Selain itu, click-to-open-rate UC Browser selama Ramadan adalah 58%, 61% lebih tinggi dari click-to-open-rate Opera yang berkisar di angka 36%, dan 26% lebih tinggi dari Chrome yang berada di angka 46%.

“Melalui kerjasama dengan LAZADA, platform e-commerce no. 1 di Indonesia, kami berharap dapat menggali lebih dalam apa saja hal-hal menarik dari para pengguna. Dengan teknologi big data dan lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di Indonesia, UC Browser dapat semakin meningkatkan keuntungan dari sisi teknologi, jumlah pengguna, dan kerjasama dengan unit lain dari bisnis grup Alibaba untuk menyediakan informasi berharga terkait konsumen.”, ujar Damon Xi, General Manager UCWeb Indonesia dan India, Alibaba Digital Media and Entertainment Group.

Topik yang hangat dibicarakan: Jakarta merupakan kota paling popular dan kereta api menjadi armada transportasi yang paling popular. Selain itu, kompetisi penjualan telepon pintar sangat ketat dan Xiaomi, Samsung, Asus dan Infinix sukses menjadi empat besar merek dengan penjualan terbanyak selama Ramadan.

(Image: UC Browser dan Lazada)(Image: UC Browser dan Lazada)

‘Buka puasa’ jelas menjadi kata paling panas dengan penyebutan di sebanyak 24.185 artikel. Bulan puasa juga menjadi puncak bagi masyarakat Indonesia untuk mudik atau berwisata. Berdasarkan data dari City’s Popularity Index yang terlihat dari banyaknya pembaca, shares dan komentar terhadap kata kunci spesifik pada sebuah artikel, Jakarta menempati posisi nomor satu dengan lebih dari 25 juta indeks, diikuti Medan (12 juta indeks) dan Surabaya (3 juta indeks).

Kereta api menjadi armada transportasi yang paling popular dibicarakan selama bulan Ramadan dengan indeks popularitas lebih dari 4,1 juta. Pesawat terbang, kapal, dan bus menempati posisi kedua, ketiga, dan keempat dalam daftar dengan indeks popularitas masing-masing 4,05 juta, 1,28 juta, dan 655 ribu. Konsumen ternyata sangat menjaga penampilan dan citranya serta sangat memperhatikan gaya dari selebriti favoritnya.


Berdasarkan dari data penjualan LAZADA di bulan Ramadan, enam kategori dengan penjualan terbanyak adalah fesyen, kesehatan & kecantikan, telepon pintar, tas, jam tangan dan kacamata, serta perlengkapan bayi. Hal ini juga sejalan dengan temuan dari UC Browser, lima besar kategori artikel paling popular, yaitu gaya dari selebriti, model hijab bagi wanita, dan koleksi pakaian Muslim. Kategori lainnya yang popular, yaitu informasi terbaru dari selebriti di bulan Ramadan dan flash sale telepon pintar.