pulsa-logo

Oppo Tertarik Garap Smartphone Lipat?


Nariswari

Kamis, 05 Juli 2018 • 11:15

Oppo


Image: LetsGoDigitalImage: LetsGoDigital

Pabrikan smartphone asal Tiongkok, Oppo, dikabarkan telah mengajukan paten untuk desain ponsel cerdas yang layarnya dapat dilipat.

Paten tersebut diajukan ke WIPO (World Intellectual Property Organization) pada 22 Maret 2018 di bawah nama paten 'Mekanisme Rotasi dan Terminal Seluler Berdesain Lipat' dan 'Perakitan engsel, mekanisme rotasi, dan terminal bergerak  dengan desain layar lipat'. Paten itu diterbitkan pada 6 April 2018, hanya sebulan setelah diajukan.

Kedua paten tersebut berhubungan dengan desain smartphone dengan layar yang dapat dilipat tetapi memiliki pendekatan yang berbeda dengan yang digarap oleh Samsung. Salah satu pendekatan yang disebutkan membuat penggunaan layar fleksibel tunggal berukuran cukup lapang, yang berada dalam posisi terlipat.

Desain ini mengingatkan pada ponsel flip yang sempat populer beberapa tahun yang lalu. Masalahnya adalah bahwa proses membuka dan menutup layar tersebut yang cukup sering, akan berpotensi menyebabkan kerusakan layar. Untuk mengatasi masalah ini, Oppo telah mendesain struktur yang memiliki semacam bantalan atau yang disebut dengan “airbags” di dalamnya agar mengurangi resiko kerusakan pada layar lipat. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2