pulsa-logo

Samsung dan ARM Kerja Bareng Garap Prosesor 5nm


Nariswari

Jum'at, 06 Juli 2018 • 15:42

Samsung dan ARM Kerja Bareng Garap Prosesor 5nm


ilustrasi, image courtesy: GSMArenailustrasi, image courtesy: GSMArena

Samsung Foundry dan ARM telah mengumumkan kemitraan untuk membangun chipset generasi terbaru  Cortex-A76  yang didasarkan pada proses LPP 7nm dan akan dibuat menjadi 5nm. Chip generasi terbaru  ini akan memiliki clock speed CPU di atas 3 GHz!

Produksi awal yang dijalankan untuk chip ini dijadwalkan pada paruh kedua tahun 2018. Sementara itu, pengembangan proses litografi Extreme Ultra Violet (EUV) yang pertama, saat ini  sedang berlangsung dan akan sepenuhnya dijalankan pada paruh pertama tahun 2019. Kabarnya, chipset generasi terbaru  Cortex-A76  ini akan memungkinkan Samsung untuk menghadirkan ukuran chipset yang jauh lebih kecil dan lebih hemat daya daripada chipset generasi sebelumnya yang dibangun dengan teknologi 7nm juga.

ARM mengklaim bahwa processor Cortex A76 memiliki clock speed 3.0GHz (7nm) dan diklaim 35% lebih cepat daripada chipset Cortex A75 yang memiliki clock speed 2.8GHz (yang dibangun dengan  proses 10nm). Penggunaan daya dapat menghemat hingga 40%. ARM menyebut Cortex A76 sangat cocok untuk “kelas laptop” sehingga kemungkinan  kita dapat melihatnya untuk digunakan dalam perangkat yang lebih besar dan lebih kuat, bukan hanya smartphone.

Namun belum ada informasi lebih lanjut, perangkat pertama apa yang akan menggunakan chipset generasi terbaru  Cortex-A76  tersebut, dan kapan akan melenggang di pasaran. (*)

Sumber: GSMArena