pulsa-logo

"Mereka Berlomba-Lomba Menyembunyikan Kamera"


Arief Burhanuddin

Senin, 09 Juli 2018 • 19:02

oppo find x, vivo nex, xiaomi mi mix 3, oneplus 6t


Tren smartphone saat ini mulai mengarah ke titik yang signifikan: menutup seluruh sisi depan dengan layar. Istilah yang saat ini sering dipakai adalah FullView display.

Awal tren ini sebenarnya sudah dimulai sejak Samsung mencanangkan kampanye ‘unbox your phone’ yang bersamaan dengan peluncuran Galaxy S8. Selain semakin menipiskan bezel di berbagai sisi, S8 juga memanjangkan layar yang selama ini berpegang pada rasio 16:9 menjadi 18:9.

Imbasnya, desain smartphone menjadi lebih panjang, layar semakin luas dan produsen smartphone pun berlomba-lomba menipiskan bezel. Awalnya hanya di bagian kiri dan kanan dan ditunjang dengan penggunaan layar 2.5D yang melengkung ke tepi. Namun kehadiran iPhone X telah membawa persaingan untuk melebarkan layar seluas-luasnya menjadi kian sengit.

Desain iPhone X dengan hanya menyisakan ‘jidat’ kecil di bagian atas layar membuat produsen smartphone lain yang awalnya banyak meniru konsep ini juga bernafsu untuk sama sekali tak menyisakan komponen di depan selain layar itu sendiri.

Perkara menyembunyikan pemindai sidik jari di bagian depan mungkin lebih mudah. Diawali oleh Vivo X20 Plus UD yang menaruh pemindai sidik jari di bawah layar, hal ini tampaknya akan diikuti oleh produsen smartphone lain. Atau jika budget tak memungkinkan, paling mudah memang memindahkan pemindai di bagian belakang.

Nah, yang jadi PR adalah bagaimana cara menyembunyikan kamera depan. Jika ingin menghilangkan ‘jidat’ atau takik di layar, tentu harus dicari cara terbaik untuk tetap mengusung kamera depan namun tidak mengganggu luasan layar yang sudah ada. Setelah memeras otak dan melakukan berbagai riset, beberapa brand sudah mulai berani unjuk produk yang bagian depannya benar-benar hanya berisi layar. Sebagian sudah meluncur sebagai produk jadi, sebagian masih berupa purwarupa. Lalu bagaimana produk produk pionir “true fullview display” ini mengakali keberadaan kameranya?

OPPO Find X

Kamera belakang OPPO Find X (mysmartprice)Kamera belakang OPPO Find X (mysmartprice)


Smartphone besutan OPPO ini akan menyambangi Indonesia tanggal 18 Juli. Sebagai salah satu pengusung desain layar utuh, mereka tetap menyertakan kamera yang dalam beberapa skema akan tersembunyi di bodi namun saat digunakan akan muncul.

Mekanisme kamera depan OPPO Find X (gizmochina)Mekanisme kamera depan OPPO Find X (gizmochina)

Teknologi yang mereka gunakan adalah motorized pop-up camera. Saat hendak digunakan memotret, keseluruhan sisi atas (belakang layar) yang berada dalam satu modul akan bergerak vertikal ke atas. Hal ini dimungkinkan dengan adanya sebuah motor di bagian tengah (kotak kuning). Sementara untuk memandu pergerakannya, terdapat rel di sisi kanan dan kiri (kotak merah). Bagian kotak hijau berisi pita kabel yang menyambungkan kamera, 3d scanner, dan komponen lain yang ada di modul atas tersebut ke mainboard dari Find X. Untuk diketahui, kedua kamera (depan dan belakang) semuanya ada di modul mekanis tersebut.

OPPO Find X dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 845 sebagai generasi ketiga Qualcomm Mobile AI Platform. Prosesor ini menghadirkan fitur-fitur yang belum pernah ada sebelumnya, termasuk untuk kamera, gaming, asisten personal pintar, dan sistem keamanan yang canggih. Dilengkapi dengan Qualcomm Hexagon™ 685 DSP, platform ini akan lebih kuat, cepat, dan cerdas dari pendahulunya. Jeroan ini juga disokong RAM 8GB plus penyimpanan internal 256GB. Kombinasi ini diklaim sanggup menjalankan platform Android 8.1 yang memiliki antarmuka ColorOS 5.1 dengan lancar.

Vivo Nex

Kamera depan Vivo Nex (GSMarena)Kamera depan Vivo Nex (GSMarena)

Sebelum OPPO mengeluarkan Find X, Vivo sudah terlebih dahulu mencuri start dengan menghadirkan Vivo Nex. Selain tampil tanpa bezel dengan display penuh, mereka juga ‘menyimpan’ kameranya dalam modul yang akan ‘nongol’ saat hendak digunakan. Bedanya dengan OPPO Find X, ukuran modul lebih kecil dan hanya berisi kamera depan.

Mekanisme kamera depan Vivo Nex (myfixguide)Mekanisme kamera depan Vivo Nex (myfixguide)

Lalu bagaimana cara kerja kamera ‘pengintip’ ini?

Posisi modul kamera dan mekanis penunjang ada di bagian kiri atas. Sebuah motor yang ukurannya lebih kecil dari yang digunakan OPPO Find X berputar dan menggerakkan semacam batang ulir. Dengan berputarnya batang ulir tersebut, modul kamera yang tadinya ada dalam bodi Vivo Nex akan terangkat. Selain berfungsi sebagai pendorong, batang ulir tersebut juga berfungsi sebagai rel pemandu bagi modul kamera. Mekanisme turunnya kamera ke dalam bodi hampir sama, namun dengan arah putaran yang terbalik dan dibantu dengan semacam per. Hanya terdapat satu lembar pita kabel untuk menghubungkan modul ini dengan mainboard Vivo Nex.

Sejauh yang diketahui, Vivo Nex akan hadir dalam 2 varian. Yaitu Vivo Nex dan Nex S, Vivo Nex hadir dengan fitur pemindai sidik jari yang dipasangkan pada bagian belakang ponsel sedangkan Nex S hadir dengan pemindai sidik jari bawah layar di bagian depan. Nex menggunakan chipset Snapdragon 710 dan RAM 6GB.

Sementara itu, Nex S hadir lebih gahar dengan chipset Snapdragon 845 dan RAM sebesar 8GB. Tentu saja, harga Nex S tentu lebih mahal dibanding Vivo Nex standar.

Meski berbeda jeroan, ukuran layar keduanya sama yaitu 6,59 inci dengan resolusi layar sebesar 1080×2316 piksel.

Xiaomi Mi Mix 3

Teaser Xiaomi Mi Mix 3 (phonearena)Teaser Xiaomi Mi Mix 3 (phonearena)

Meski belum muncul di pasaran, namun Smartphone flagship terbaru Xiaomi yaitu Mi Mix 3 ditengarai akan mengikuti jejak OPPO Find X dan Vivo Nex dengan menempatkan modul kamera yang tersembunyi di bagian bodi.

Gambar teaser di bawah ini menunjukkan siluet Xiaomi Mi Mix 3 yang sekilas serupa dengan Vivo Nex.

Jika menilik posisi dan ukuran modul, maka mekanisme kamera pop up yang diterapkan di Xiaomi Mi Mix 3 diduga kurang lebih sama dengan yang dipakai oleh Vivo Nex dan sama-sama hanya megusung kamera selfie. Belum ada ulasan detil mengenai spesifikasi Mi Mix 3, namun diduga, smartphone flagship bongsor ini akan dibekali dengan chipset Snapdragon 845 dengan RAM tak kurang dari 6GB.

OnePlus 6T

OnePlus 6T (Science and Knowledge)OnePlus 6T (Science and Knowledge)

Dari sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube Science and Knowledge, terungkap sebuah purwarupa yang diduga sebagai smartphone OnePlus 6T yang juga menggunakan konsep pop up camera.

Sama seperti Vivo Nex, modul kamera pop up hanya memuat kamera depan atau selfie. Namun demikian, menurut keterangan yang tercantum di video tersebut, kedua modul kamera akan mengusung resolusi sama yaitu 16 megapiksel dengan aperture f/1,7 dengan dukungan HDR dan perekaman video hingga 144p.

Smartphone dengan luas layar 6,4 inci tersebut diberitakan akan mengusung 3 kamera di bagian belakang yang masing-masing memiliki resolusi 20, 16, dan 8 megapiksel. Selain mendukung bukaan f/1.7, kamera belakang juga dilengkapi dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan dual LED flash.

@ariefburhan/berbagai sumber