pulsa-logo

Gila! Hacker Ini Curi Bensin Senilai Rp25 Juta dari SPBU, Kok Bisa?


dian iskandar

Selasa, 10 Juli 2018 • 14:27

Hacker,hacking,cheat code,kriminal,cracker


image courtesy: Ubergizmoimage courtesy: Ubergizmo

Kejadian ini bukan di Indonesia tapi di Detroit Amerika Serikat. Dikutip dari Ubergizmo, berita lokal dari Detroit mengungkapkan bahwa polisi (sedang) mencari dua tersangka yang diduga berhasil mencuri 600 galon bensin atau sekitar 2.200 liter lebih dari sebuah pompa bensin dengan meretas sebuah pompa bensin.

Pencurian itu bernilai sekitar 1.800 dolar AS atau setar Rp25 jutaan dan itu terjadi di tengah hari dengan memakan waktu selama hampir 90 menit. Petugas SPBU tidak dapat melakukan apa pun untuk menghentikan aksi para hacker.

Media lokal Drtoir Fox 2 melaporkan bahwa pencurian itu terjadi mendekati jam 1 siang waktu setempat pada 23 Juni di sebuah pompa bensin Marathon sekitar 15 menit dari pusat kota Detroit. Polisi percaya bahwa setidaknya 10 mobil mengambil keuntungan dari pompa bensin yang mengalir bebas. Polisi masih menyelidiki bagaimana aksi ini sampai bisa terjadi.

Para hacker diyakini telah menggunakan semacam alat jarak jauh untuk mengambil kendali dari petugas pengisi bensin. Mereka mampu membajak pompa dengan perangkat yang juga mencegah petugas menutup pompa inpidu menggunakan sistem pompa bensin.

Belum banyak informasi yang dapat menjelaskan apa sesungguhnya terjadi, tetapi tampaknya mereka menargetkan perangkat lunak manajemen bahan bakar yang digunakan oleh pompa bensin. Belum diketahui apa perangkat yang diguunakan ini dan bagaimana cara kerja perangkat tersebut yang tidak bisa dihentikan oleh petugas SPBU untuk mematikan pompa itu. Yang jelas, Polisi masih mencari para tersangka. (*)

Sumber: Fox 2, via Gizmodo via Ubergizmo