pulsa-logo

4 Inovasi Smartphone Asal Tiongkok Ini Bisa Kalahkan Samsung dan iPhone


PULSA

Jum'at, 13 Juli 2018 • 16:19

Oppo,huawei,tripple camera,oppo vs samsung,iphone vs oppo,vivo nex,teknologi terbaru


ilustrasi, image: strategyex.co.ukilustrasi, image: strategyex.co.uk

Samsung dan iPhone sudah cukup menyiratkan betapa besar pengaruh keduanya di industri smartphone. Dai segi disain dan teknologi, keduanya banyak menginspirasi pabrikan lain dalam periode waktu yang cukup lama.

Namun, kini peta persaingan teknologi tengah terlihat berbeda, angin yang cukup kencang kini bertiup dari wilayah Dataran Tiongkok, dan mata dunia-pun mau tidak mau “dipaksa” untuk merasakan hembusan angin tersebut.

Berkat keberanian dalam inovasi, pabrikan asal Tiongkok kini tak sekedar ‘mencontek’, bahkan mereka lebih berani tampil sebagai pelopor. Setidaknya ini dibuktikan dengan pengenalan disian dan fitur kekinian . Berikut diantaranya;

1.    Triple Kamera

Saat ini, sudah semakin banyak brand-brand terutama dari China yang mengadopsi penggunaan 3 (tiga) buah kamera belakang di smartphone besutan mereka. Pelopor di bagian ini bisa disebut adalah Huawei. Nama besar dari Negeri Tirai Bambu yang belakangan namanya semakin santer terdengar dengan Huawei P20 Pro-nya. Bahkan, Huawei-pun juga turut andil dalam mempopulerkan teknologi penggabungan dual lensa kamera pada smartphone.

Jauh sebelum Apple dan Samsung mengadopsi penggunaan dual kamera hingga kini bergerak lagi ke arah 3 kamera, Huawei telah lebih dulu sadar bahwa tren teknologi ke depannya akan seperti sekarang ini. Kini lihatlah beberapa seri iPhone dan juga Samsung, mereka-pun ter”inspirasi” dari Huawei. 


Tak berhenti hingga di situ, rumor yang kini berhembus juga mengisyaratkan bahwa Samsung Galaxy S10 / S10+ beserta jajaran iPhone baru di 2018 juga akan mengadopsi triple rear camera macam yang sudah dibawa oleh Huawei di P20 Pro.

2.    Kapasitas RAM dan Memori Besar

Pabrikan asal Tiongkok juga lebih dulu mengenalkan perangkat dengan RAM besar. Jumlah RAM 8 GB saat ini pun memang di dominasi oleh merek-merek Tiongkok. Bahkan, memori internal terbesar juga lebih dulu di tawarkan oleh pabrikan Tiongkok yakni Huawei.

Huawei P20 Porsche Edition menjadi smartphone dengan jumlah terbesar yakni 512GB pertama di dunia. Samsung dan iPhone? Mungkin di produk yang akan datang. Siapa yang tahu..

3.    Fingerprint Under Display

Layar smartphone saat ini dan ke depannya akan mengambil persentasi dominasi yang cukup besar, terlebih dengan lahirnya istilah FullView Display dan hanya menyisakan sedikit sekali Notch (Poni) untuk menempatkan sensor-sensor dan juga kamera depan.

Semantara pilihan penggunaan pemindai sidik jari di bagian body belakang nampaknya sudah mainstream, maka menghadirkan teknologi segar seperti penempatan di bawah layar / under display rasanya cukup terkesan keren dan mutakhir. Persis seperti yang dipelopori oleh Vivo dengan hadirnya Vivo Apex alias Vivo Nex beberapa saat yang lalu.

4.    PopUp Camera

Setelah penempatan fingerprint scanner yang diubah demi mengalah untuk layar, kini waktunya penempatan kamera yang juga harus direlokasi agar semakin melengkapi fitur dan tren teknologi yang semakin cepat, maka kini dikenallah yang disebut PopUp Camera, dimana kamera pada sebuah smartphone baru akan “muncul” dari bagian yang tersembunya jika akan digunakan.

Sebut saja pelopornya ada Oppo dengan Find X-nya dan juga Vivo dengan Vivo Nex-nya. Lagi-lagi perkembangan teknologi ponsel pintar didominasi oleh para pabrikan China diluar Apple dan juga Samsung.

Kesimpulannya, akankah Apple dan Samsung bakal jadi terbalik menjadi follower, mengikut tren inovasi pabrikan smartphone asal Tiongkok?

(Awiek)