pulsa-logo

10 Handphone Android yang Tingkat Kerusakannya Tinggi, Samsung Teratas!


Nariswari

Senin, 16 Juli 2018 • 10:50

handphone gampang rusak,samsung rusak,service samsung,xiaomi vs samsung


ilustrasiilustrasi

Jika Anda merasa judul di atas sedikit provokatif dan “melukai” sebagian dari kesetiaan pengguna handphone Samsung, sebaiknya Anda menyimak laporan terbaru yang diterbitkan oleh Blancco yang merupakan perusahaan riset independen, yang berjudul "State of Mobile Device Repair & Security" yang mencakup kuartal pertama tahun ini.

Menurut perusahaan riset tersebut dari periode Januari hingga April 2018, handphone Samsung memiliki tingkat kerusakan atau kegagalan tertinggi di antara produsen handphone Android lainnya. Tingkat kerusakannya tersebut mencapai angka 27,4%. Sedangkan pada smartphone berbasis iOS,  seri iPhone 6 menjadi yang tertinggi dengan presentase 22%  di antara perangkat iOS lainnya, yang kemudian diikuti oleh iPhone 6S sebesar 16%.

Di bawah ini tabel tingkat kerusakan handphone Android dan iOS Q1 2018;

sumber: blanccosumber: blancco

Secara keseluruhan, perangkat iOS mengalami kegagalan dan kerusakan sebanyak 15,2%  selama kuartal pertama 2018. Presentase ini lebih sedikit dibandingkan dengan handphone berbasis OS Android yang memiliki presentase sebesar 18,9%.

Bahwa iPhone 6 atau iPhone 6s memiliki tingkat kegagalan dua digit seharusnya tidak  terlalu mengejutkan. Pada tahun 2016, beberapa pengguna iPhone 6 dan iPhone 6S layar sentuh pada sejumlah unit tersebut mengalami masalah yakni dilaporkan oleh berhenti berfungsi, dan bilah abu-abu horizontal tiba-tiba  muncul di layar. Dijuluki "Touch Disease," masalah itu tampaknya terkait dengan keputusan yang dibuat oleh Apple untuk tidak menggunakan epoxy pada papan sirkuit iPhone 6 yang selalu digunakan di masa lalu.

Sementara Samsung menduduki posisi paling atas dari semua produsen yang paling rentan mengalami kerusakan selama Q1 2018. Dengan tingkat kegagalan 27,4%. Di peringkat kedua di smartphone berbasis OS Android diduduki oleh  Xiaomi dengan tingkat kerusakan sebesar 14,2%. Di posisi ketiga ditempati oleh Motorola 9,6% .


Data  yang dikompilasi oleh Blancco  tersebut  didasarkan oleh berbagai perangkat berbasis iOS dan Android yang diserahkan kepada Blancco dari operator dan pengecer untuk bahan pengujian. Informasi tersebut menemukan bahwa 74,3% perangkat iOS menjalankan iOS 11, sementara 52% handphone Android diberdayakan oleh Android Nougat.

Masalah kinerja terbesar untuk perangkat iOS, menurut menurut Blancco adalah masalah konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi. Yang diikuti oleh masalah menggunakan headset (seperti tidak adanya jack 3.5mm) dan data seluler.

Sedangkan masalah paling umum yang terjadi di perangkat  Android adalah masalah yang berkaitan  dengan kinerja keseluruhan handset, masalah dengan kamera, mikrofon, pengisian baterai. Dan jika dilihat secara garis besar, 34% handphone Android mengalami masalah dengan kinerja selama kuartal pertama 2018, dan angka ini jauh lebih besar  dibandingkan dengan 10% selama kuartal yang sama tahun 2017. (*)

Sumber: Blancco via Phonearena