pulsa-logo

Line Rilis Clova Extensions Kit untuk Mengembangkan Asisten AI


Hairuddin

Selasa, 17 Juli 2018 • 17:05

Line, Clova, Line Clova, Asisten AI, Asisten Pribadi, Line Messenger


(Image: Line)(Image: Line)

Line Corporation secara resmi merilis Clova Extensions Kit (CEK), yang merupakan platform development untuk mengembangkan dan memperluas fitur atau skills yang dapat diintegrasikan dengan asisten AI dari Line, Clova. 

Perangkat ini sendiri memiliki sejumlah fitur yang disebut “skills” yang mampu meningkatkan kenyamanan dan memberikan ragam hiburan bagi para penggunanya seperti memutar musik, membaca berita, mengetahui prakiraan cuaca, dan bahkan memungkinkan penggunanya bertukar pesan serta membuat panggilan yang terintegrasi dengan aplikasi Line.

Platform ini dapat digunakan oleh perusahaan maupun inpidu secara bebas, agar bisa mengembangkan serangkaian fitur Clova yang baru. Berbagai pengembangan yang bisa dilakukan di antaranya adalah menautkan Clova dengan layanan eksternal hingga mengendalikan perangkat rumah tangga berbasis IoT. Fitur pihak ketiga dengan menggunakan CEK pun bisa ditawarkan secara umum melalui “Clova Skills Store”, yang rencananya akan dibuka untuk publik sekitar akhir Juli 2018.  

Bersamaan dengan perilisan CEK untuk publik, Line juga akan menyelenggarakan “LINE BOOT AWARDS 2018”, sebuah kompetisi para pengembang dengan menggunakan LINE Messaging API, yang bertujuan untuk menghasilan serangkaian layanan komunikasi baru yang mengombinasikan Clova dengan akun-akun LINE (chat bots).

LINE BOOT AWARDS 2018 mengundang para programer baik perusahaan maupun inpidu untuk mengembangkan layanan dengan hadiah mencapai 10 juta Yen. Di samping itu, mereka pun berkesempatan mendapatkan penghargaan yang dinilai berdasarkan dari berbagai sudut pandang, seperti penghargaan berbasis kategori, ‘Home Hacking” dan ‘Family”. 

Tidak hanya itu, penghargaan tematik juga akan diberikan untuk pelayanan-pelayanan yang menawarkan solusi terbaik untuk tema-tema tertentu yang disediakan oleh organisasi atau perusahaan sponsor. Setelah temanya diumumkan pada Juli ini, aplikasi akan dibuka hingga awal Agustus.