pulsa-logo

Ini Perbedaan Xiaomi Mi Max 3 dan Mi Max 2


Deni Hardian

Jum'at, 20 Juli 2018 • 16:14


Xiaomi Mi Max 3 (Mi.com)Xiaomi Mi Max 3 (Mi.com)

Secara resmi, Xiaomi Mi Max hadir dengan membawa kejutan yang membuat para pengguna smartphone global cukup terkesima dengan fitur dan spesifikasi yang ditanamkan. Tak hanya itu, handphone dengan tampilan layar yang menyerupai ukuran tablet ini juga hadir dengan membawa fitur handphone kekinian mulai dari teknologi layar terkini, fitur fotografi yang mumpuni hingga baterai berkapasitas "monster" yang memberikan daya tahan handphone lebih dari seri sebelumnya.

Baru tersedia untuk pasar Cina, kehadiran Xiaomi Mi Max 3 di Indonesia hanyalah tinggal menunggu waktu. Namun, seperti seri Mi Max sebelumnya kehadiran Xiaomi Mi Max 3 di Indonesia kemungkinan besar tidak akan tersedia dengan kover garansi resmi namun perangkat ini akan tersedia di pasaran dengan mengandalkan kover garansi distributor.

Pun begitu, apa sih yang membedakan Xiaomi Mi Max 3 dengan Xiaomi Mi Max 2 sepertinya menarik untuk diulas. Jadi, simak saja uraian berikut.

Dimensi dan Layar

Kita mulai dari sisi desain dan layar, Xiaomi Mi Max 3 hadir dengan tampilan desain khas ponsel terkini. Meski begitu, ukuran dimensi yang tertanam pada Xiaomi Mi Max 3 tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan Xiaomi Mi Max 3. Mi Max 3 memiliki dimensi body 176.2 x 87.4 x 8mm dan bobot sekitar 221 gram. Sedangkan untuk Mi Max hadir dengan dimensi body 176.2 x 87.4 x 8mm dan bobot 211 gram.

Meski tidak memiliki ukuran dimensi yang tak jauh berbeda, namun ukuran layar yang tertanam memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Mi Max 3 hadir dengan ukuran layar yang menyerupai perangkat tablet yakni 6.9 inci. Sementara Mi Max 2 hanya memiliki ukuran layar 6.4 inci. Yang membuat Mi Max 3 tampil lebih impresif adalah perbandingan jarak layar ke body itu mencapai 79.8 % dibandingkan dengan Mi Max 2 yang hanya 74%. Perbedaan inilah yang menyebabkan mengapa Xiaomi Mi Max 3 tidak memiliki ukuran dimensi yang lebih besar dibandingkan Mi Max 2.

Xiaomi Mi Max 2Xiaomi Mi Max 2


Selain itu, teknologi layar yang ditanamkan pada Mi Max 3 juga turut mempengaruhi tampilan yang ada. Seperti diketahui, layar yang tertanam pada Mi Max 3 memiliki rasio layar 18:9 yang membuatnya tampak lebih luas dibandingkan Mi Max 3. Begitu pula dengan resolusi layar yang tertanam, imbas dari rasio layar yang tertanam membuat resolusi layar pada Mi Max 3 menjadi lebih luas.

Perbedaan lain dari tampilan antarmukanya adalah Mi Max 2 menyematkan tombol navigasi kapasitif di bawah layar. Sedangkan Mi Max 3 menempatkan tombol navigasi pada layar yang tertanam.

Chipset dan Baterai

Berikutnya adalah sisi kinerja yang tertanam. Xiaomi Mi Max 3 hadir dengan dukungan chipset terkini yakni Qualcomm Snapdragon 636 sementara Mi Max adalah Qualcomm Snapdragon 625. Dilihat dari kinerjanya, kualitas yang dihadirkan oleh Snapdragon 636 tentunya bakal lebih memberikan kinerja yang jauh lebih baik.

Untuk dukungan RAM dan memory internal Mi Max 3 lebih memberikan opsi RAM yang lebih banyak. Handphone ini hadir dengan 2 pilihan RAM 4GB dan 6GB. Sementara itu, Mi Max 2 hanya hadir dengan pilihan RAM 4GB. Sedangkan dari sisi memory internal keduanya hadir dengan opsi yang cukup bervariasi. Mi Max 3 tersedia dengan pilihan memory internal 64GB dan 128GB, Mi Max 2 hadir dengan pilihan memory internal mulai 32GB, 64GB dan 128GB.

Perbedaan yagn mencolok lainnya hadir pada kapasitas baterai yang ditanamkan. Xiaomi Mi Max 3 hadir dengan baterai berkapasitas 5500 mAh, 200 mAH lebih besar dari Mi Max 2 yang hanya memiliki kapasitas baterai 5300 mAh. Namun keduanya sudah dibekali dengan fitur pengisian baterai cepat Quick Charge 3.0 besutan Qualcomm.

Kamera

Setelah desain, chipset dan baterai kini giliran fitur fotografi yang ditanamkan. Fitur fotografi yang tertanam pada kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Xiaomi Mi Max 3 hadir dengan fitur fotografi khas handphone masa kini dengan dukungan kamera ganda di bagian belakang.

Xiaomi Mi Max 3 hadir dengan kamera belakang dengan konfigurasi 12MP yang didukung dengan aperture f/1.9 dan dual-pixel PDAF. Sedangkan kamera kedua yang tertanam di bagian belakang adalah 5 megapiksel yang mampu menghadirkan efek bokeh.  Sementara Xiaomi Mi Max 2 hanya dibekali dengan kamera belakang 12 megapiksel, aperture f/1.9 dan PDAF. Untuk kemampuan merekam video kedua perangkat ini sama-sama mampu menghasilkan video berkualitas 4K.

Beralih ke kamera depan, Mi Max 3 hadir dengan resolusi kamera yang sedikit lebih baik dibandingkan pendahulunya dengan besaran resolusi 8 megapiksel. Sementara Mi Max 2 hanya dibekali dengan kamera depan 5 megapiksel.

Perbedaan yang cukup mencolok dari fitur fotografi pada kedua perangkat adalah fitur AI yang tertanam pada Xiaomi Mi Max 3 yang memberikan kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya.  

Menarik untuk ditunggu, nantikan review lengkap Xiaomi Mi Max 3 di Tabloid PULSA.