pulsa-logo

4 Hal yang Bisa Terjadi Jika Google Tarik Bayaran untuk OS Android


PULSA

Jum'at, 20 Juli 2018 • 19:01

4 Hal yang Bisa Terjadi Jika Google Tarik Bayaran untuk OS Android


ilustrasiilustrasi

Meskipun kami berkesimpulan bahwa ancaman Google yang bakal menarik bayaran untuk penggunaan OS Android hanya sekedar gertakan sambal, langkah Google itu (jika memang akan terjadi) akan membawa dampak yang secara langsung maupun tak langsung kepada penggunanya.

Ancaman Google sendiri didasari oleh peringatan dari Komisi Uni Eropa agar raksasa teknologi itu tidak membundel OS Android dengan browser Chrome dan mesin pencari Google. Jika demikian, Google tentu akan kehilangan pendapatan iklan yang sebagian besar disumbang oleh iklan mobile.

Sekarang, mari kita berandai-andai bagaimana jika Android benar –benar akan dikomersilkan. Ini prediksi kami;

1. Harga handphone pintar akan naik

Jika Google menerapkan penjualan untuk OS Android maka secara otomatis harga handphone di pasaran akan naik. Ini karena pabrikan akan menjual perangkatnya dengan bundling OS-nya. Seperti halnya jika Anda membeli PC yang sudah dijual berikut OS, pasti harganya akan berbeda.

2. Muncul OS Android Bajakan

Jika OS Android dijual dengan harga yang mahal, maka akan memicu tahan-tahan jahil yang menjual OS bajakan. Ini berkaca pada OS Windows bajakan untuk PC yang beberapa tahun lalu marak dijual.


3. OS baru akan bermunculan

Jika ternyata Google tetap ngotot menjual OS Android dengan harga mahal, tentu akan bermunculan OS mobile pesaing Android. Ini juga sekaligus menjadi pertanda baik buat sebagia pabrikan yang belakangan ini sudah punya ancang-ancang melepas OS buatannya sendiri.

4. Symbian, Blackberry OS dan Windows Mobile bakal hidup lagi

Symbian, Blackberry OS dan Windows Mobile adalah sistem operasi yang sangat populer sebelum Android muncul. Mereka harus tersingkir oleh Android yang punya ekosistem yang lebih baik. Tapi jika Android menjadi sistem operasi yang terturup alias berbayar, maka ada kesempatan bagi ketiganya untuk bangkit dari kubur.

Keempat poin ini sekedar prediksi kami jiika OS Android dikenakan bayaran. Namun kami tetap yakin bahwa Google akan punya pilihan lain daripada harus menerapkan penjualan untuk OS Android-nya. (*)