pulsa-logo

Para Raksasa Teknologi Dunia Berkolaborasi untuk Ciptakan Ini


Zulkifli Awiek

Senin, 23 Juli 2018 • 12:05

Data Transfer Project


Image: Alternativeto.netImage: Alternativeto.net

Beberapa perusahaan teknologi terbesar saat ini seperti Facebook, Google, Microsoft, hingga Twitter sedang bekerja sama untuk memudahkan penduduk dunia dalam hal transfer data.

Mereka berkolaborasi untuk membuat sesuatu yang disebut sebagai Data Transfer Project  (Proyek Transfer Data), sehingga nanti para pengguna layanan mereka dimungkinkan untuk memindahkan konten, kontak, atau data lainnya dari dan ke platform yang berbeda-beda.

Data Transfer Project (DTP) tak lain adalah sebuah platform portabilitas data yang berbasis Open Source, yang mana setiap layanan online yang ada nantinya dapat bergabung dengan DTP ini.

Saat ini, banyak perusahaan-perusahaan berbasis online yang memang memfasilitasi para pengguna layanan mereka untuk mengunduh data miliknya, tetapi akhirnya kemudian para pengguna tersebut kesulitan menggunakan datanya di layanan / platform lain.

Proyek Transfer Data nantinya diproyeksikan untuk menghasilkan sebuah alat atau mungkin aplikasi yang akan mempermudah para pengguna untuk mengakses dan menggunakan data mereka di tempat/layanan lain, namun alat/aplikasi itu kini belum tersedia, para raksasa teknologi tersebut saat ini hanya mampu menjelaskan bagaimana prinsip kerja bagai alat ini nantinya, alias baru sekedar konsep.

Standar industri untuk portabilitas data seperti ini kelak tentunya akan membuat hidup kita lebih mudah, karena Anda tidak akan lagi direpotkan lagi soal penguncian data yang menyulitkan Anda untuk beralih ke layanan / platform lain.

DTP dideskripsikan sebagai kerangka kerja umum dengan kode open source, yang dapat menghubungkan dua penyedia layanan online apapun, agar memungkinkan portabilitas data para penggunanya bekerja mulus antar dua platform yang berbeda.


Jika Anda tertarik untuk lebih memahami tentang proyek ini, silahkan kunjungi situs web DTP dengan alamat datatransferproject.dev/dtp-overview.pdf. (Awiek/Ozi)

Sumber: 1, 2