pulsa-logo

Begini Lho Kencangnya Chip Flagship HiSilicon Kirin 980


Zulkifli Awiek

Senin, 23 Juli 2018 • 16:16

HiSilicon Kirin 980


Image: HiSiliconImage: HiSilicon

Tahun lalu Huawei memperkenalkan chipset flagship HiSilicon Kirin 970 di IFA, dan sepertinya sang penerus juga akan diungkap di Berlin, Jerman. Seperti biasa, sebelum Kirin 980 benar-benar dirilis, spesifikasinya teknis dari chipset tersebut bocor.

Menurut sumber dari Cina, kecepatan maksimum Kirin 980 menembus angka 2,8 GHz untuk quad-core Cortex-A77-nya, sementara untuk kinerja yang lain didukung oleh quad-core Cortex-A55. Kirin 980 akan dibuat dengan proses fabrikasi 7nm FinFET oleh TSMC sebagai manufaktur.

Rumor sebelumnya juga menyebutkan bahwa Kirin 980 akan mengadopsi teknologi Chip AI (Artificial Intelligence) terbaru yang dikembangkan oleh Cambricorn, di mana nantinya akan membuat NPU (Neural Processing Unit)-nya berjalan lebih halus dan mampu untuk melakukan penghitungan algoritma hingga 5 triliun perhitungan per watt.

Spekulasi yang ada juga menyebutkan bahwa prosesor grafisnya nanti akan diproduksi langsung oleh HiSilicon, anak perusahaan Huawei yang bertanggung jawab untuk merancang chipset. GPU tersebut isunya akan 1,5 kali lebih cepat daripada Adreno 630 yang saat ini dipasangkan dengan Snapdragon 845 oleh Qualcomm.

Nah, menurut isu yang berkembang, handphone Huawei pertama yang akan datang dengan Kirin 980 di dalamnya adalah Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro, yang acap kali peluncuran handphone flagship mereka akan dirilis resmi di kuartal akhir pada setiap tahunnya.

Anda sudah tidak sabar dengan chipset terbaru milk Huawei?  Mari kita nantikan bersama-sama. (Awiek/Ozi)

Sumber: 1, 2