pulsa-logo

Jika A12 untuk iPhone 2018, Apple A14 Bagaimana?


Zulkifli Awiek

Selasa, 24 Juli 2018 • 06:00

Apple A14


Ilustrasi: iPhone 8 Plus, Foto: PULSAIlustrasi: iPhone 8 Plus, Foto: PULSA

Apple nampaknya tengah bersiap untuk merilis tidak hanya 1 atau 2, lebih dari itu, mereka sepertinya berencana untuk mengeluarkan 3 varian iPhone baru tahun ini.

Dengan rencana seperti itu, kemungkinan terbesar nampaknya ketiga iPhone itu akan didukung oleh chipset 7 nanometer komersial pertama mereka yakni Apple A12, yang diproduksi oleh rekanan mereka, TSMC (Taiwan Semi-conductor Manufacturing Company).

Pihak TSMC sempat mengeluh bahwa di Q3 tahun ini pendapatan mereka menurun akibat dari lesunya penjualan chipset untuk platform mobile.

Namun jika melihat perkiraan ke depan, para eksekutif TSMC optimis akan adanya pemulihan yang cukup besar di Q4 tahun ini, yang bertepatan dengan siklus di mana penjualan iPhone baru akan berjalan lancar.

CEO TSMC berujar baru-baru ini perkembangan penjualan di pasar handphone cerdas pulih kembali.

“Itu juah lebih baik dari perkiraan kami tiga bulan yang lalu, tetapi itupun juga bukan lompatan yang besar dari apa yang kami ramalkan," tandasnya lagi.

Beberapa analis juga memprediksi bahwa di Kuartal 4 tahun ini merupakan kembalinya “Siklus Upgrade Super” , dimana para pengguna iPhone yang sudah dua tahun atau lebih lama dari itu akan membeli iPhone baru, dan dengan demikian TSMC juga akan menuai keuntungan dari hal itu, karena Apple akan banyak memesan chipset ke TSMC untuk terus memenuhi kebutuhan suplai produksi iPhone generasi baru.


Adapun chipset Apple dengan proses fabrikasi 5 nanometer yang belum lama ini diisukan akan diproduksi oleh TSMC nampaknya akan ditunda produksi massal-nya hingga paruh pertama tahun 2020 mendatang. Karena proyeksi chipset tersebut sejatinya berpotensi untuk iPhone generasi yang lebih baru setidaknya di 2 tahun mendatang, mungkin akan disebut Apple A14 atau lainnya. (Awiek/Ozi)

Sumber: PhoneArena