pulsa-logo

Hampir Setahun Diluncurkan, Segini Tingkat Adopsi Android Oreo


Zulkifli Awiek

Selasa, 24 Juli 2018 • 14:32

Android Oreo


Image: Developer AndroidImage: Developer Android

Pengadopsian update untuk sistem operasi Android terbilang cukup pelan jalannya. Hal ini bergantung dari apakah brand handphone yang kalian miliki mau mengeluarkan dana berkali-kali untuk memperbaharui versi Android dari handphone yang mereka jual ke pasar.

Jika tidak, maka akan menyebabkan banyaknya bertebaran sistem-sistem operasi Android versi lama yang masih digunakan para pengguna hingga saat ini, dan hal seperti itu juga berlaku untuk sistem operasi Android Oreo saat ini.

Berdasarkan pada data yang dikeluarkan oleh Google, dapat dilihat bahwa saat ini Android Oreo penyebarannya sebesar 12,1%, di mana 10,1% di antaranya adalah Android Oreo versi 8.0 sedangkan sisa 2%-nya adalah Android Oreo 8.1. Pengadopsian dengan angka seperti itu sungguh jauh lebih rendah jika kita melihat persebaran Android yang lebih lawas ataupun jika disejajarkan dengan iOS 11.

Namun itu tidak terlalu buruk juga, mengingat pada April tahun ini Oreo persebarannya ada di angka 4,6%, berkembang lebih dari 7% selama kurang lebih 3 bulan saja.

Untuk Android dengan versi yang lebih lawas, terdiri dari Nougat sebesar 30,8% (adopsi terluas saat ini), Marshmallow sebesar 23,5%, Gingerbread sebesar 0,2%. Nah, dengan angka seperti itu, paling tidak semoga ke depannya kita tidak melihat lagi ada pengguna yang masih menggunakan Android Froyo apalagi Éclair.

Melihat data yang seperti, patut diharapkan persebaran Android P nantinya dapat diadopsi lebih cepat dan lebih banyak digunakan oleh banyak handphone/tablet yang tersebar di dunia secara global. (Awiek/Ozi)

Sumber: 1, 2