pulsa-logo

Akankah eSport Jadi Cabang Olahraga di Olimpiade?


Zulkifli Awiek

Selasa, 24 Juli 2018 • 15:02

eSport


Image: UbergizmoImage: Ubergizmo

Apakah nantinya eSports akan dianggap sebagai cabang olahraga dalam arti kata sebenarnya (sport = olahraga)?

Hal itu masih agak diperdebatkan karena ada banyak para penggiat olahraga tradisional yang meminta untuk dibedakan. Akan tetapi, pada saat yang sama ada banyak juga yang meminta untuk dimasukkan dalam pengertian olahraga yang sebenarnya. Termasuk universitas-universitas, yang menganggap eSports menjadi cabang olahraga yang dapat bernilai dan juga memberikan akses untuk para mahasiswa mendapatkan beasiswa dari bidang itu.

Namun, bisakah eSports tumbuh hingga titik di mana ia bisa masuk ke Olimpiade? Beberapa perusahaan dan pengamat industri kawakan berpikir bahwa bisa saja eSports masuk ke Olimpiade. Namun hanya di tahun lalu saja Komite Olimpiade benar-benar mengakui itu sebagai kegiatan olahraga.

Sekarang sepertinya kita bisa selangkah lebih dekat untuk melihat eSports di Olimpiade ketika Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Asosiasi Global Federasi Olahraga Internasional (GAISF) baru-baru ini bertemu untuk membahas kemungkinan itu.

Baik IOC dan GAISF telah mengumpulkan 150 perwakilan dari eSports gaming untuk bertemu di Museum Olimpiade, di Lausanne, di mana salah satu topik yang dibahas adalah apakah eSports harus dimasukkan dalam Olimpiade atau tidak.

Masih banyak diskusi yang harus dilakukan mengenai hal ini, namun jika eSports disetujui untuk masuk, maka bisa jadi debut pertama kali di Olimpiade akan diadakan pada tahun 2024 di Paris. Bagaimana para pro player e-Sports, apakah Anda ingin agar e-Sport bisa tampil dalam perlombaan cabang olahraga di Olimpiade Dunia? (Awiek/Ozi)

(Sumber)