pulsa-logo

Samsung Bakal Luncurkan Seri Galaxy R dan P Tahun Depan?


Nariswari

Rabu, 25 Juli 2018 • 10:22

Samsung Galaxy R


Ilustrasi: Handphone Samsung Galaxy J7 Duo, Foto: PULSAIlustrasi: Handphone Samsung Galaxy J7 Duo, Foto: PULSA

Sebuah rumor mengejutkan datang dari Samsung. Konon perusahaan asal Korea Selatan itu disebut akan membatalkan peluncuran seri Galaxy J tahun depan. Sebagai gantinya, Samsung akan memperkenalkanseri Galaxy lainnya.

Rumor ini pertama kali  terdengar dari online di Cina, yang jelas secara signifikan mengguncang pasar low-end dan mid-range.  Disebutkan bahwa Samsung merasa perlu melakukan hal ini dikarenakan mereka akan meluncurkan dua seri Galaxy baru, yakni  Galaxy R dan Galaxy P. Dengan

Samsung dikabarkan akan membatalkan seri Galaxy J  di tahun depan, maka diharapkan dapat meneruskan sebagian besar pasarnya ke seri Galaxy terbaru tersebut. Sekaligus memberikan alternatif perangkat di segmen tersebut selain Galaxy On dan Galaxy C Series.

Desas-desus ini awalnya berasal dari postingan @MMDDJ di Twitter yang  mengklaim bahwa Samsung akan memperkenalkan seri mid-range dan low-end generasi mendatang yang akan disebut Samsung Galaxy R dan Galaxy P. Dia  juga mengklaim bahwa Samsung Galaxy P akan menjadi Samsung ODM pertama (original design manufacturer) yang artinya tidak akan diproduksi di fasilitas Samsung sendiri. Serial baru ini dikabarkan akan mulai diproduksi pada Q3 / Q4 tahun 2018.

Selama ini, Samsung tidak hanya mendesain semua spesifikasi produk yang dibuatnya saat ini tetapi juga membangun smartphone di fasilitas manufakturnya sendiri. Klaim bahwa Samsung Galaxy P akan menjadi perangkat ODM, menunjukkan bahwa Samsung hanya akan menggunakan nama/mereknya untuk Galaxy P.

Perangkat itu sendiri akan dirancang dan diproduksi oleh perusahaan lain. Langkah ini setidaknya dalam teori, adalah langkah  penghematan biaya produksi bagi Samsung karena tidak perlu berinvestasi apa pun dalam pengembangan perangkat tersbeut. Samsung hanya perlu memilih handset dari katalog pabrik, membuat perubahan kecil jika diperlukan dan mulai menjual perangkat tersebut dengan label/ merek perangkat Samsung Galaxy.

Namun sejauh ini pihak Samsung belum secara resmi mengkonfirmasi apakah ini hanya akan dilakukan di Cina atau di semua pasar global, di mana handphone ini tersedia.


Memang agak sulit dipercaya bahwa Samsung akan menghentikan Galaxy J Series di saat angka penjualannya cukup bagus dan populer di banyak negara. Ada kemungkinan hal ini hanya diterapkan untuk pasar Cina saja, di mana perangkat Samsung Galaxy J Series ini selama ini berjuang keras untuk memperoleh popularitas dan bersaing ketat dengan kompetitornya di Cina, yang memang telah menggurita seperti merek Xiaomi, Huawei, Vivo, Oppo, dan sebagainya. (Naris/Ozi)

(Sumber)