pulsa-logo

Selamat Datang di Cina, Facebook!


Zulkifli Awiek

Rabu, 25 Juli 2018 • 13:39

Facebook


Image: Goldenfrog.comImage: Goldenfrog.com

Facebook adalah salah satu dari banyak layanan yang diblokir di Cina, yang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Plus, negara ini juga terkenal dengan aturan ketat dan banyak sekali membatasi hingga melarang perkembangan sosial media yang berasal dari luar Cina.

Tak terkecuali dengan Sang Raksasa Media Sosial, Facebook, yang sejatinya dari dahulu dilarang masuk di negara itu. Namun kini, perusahaan yang didirikan dari tangan dingin Mark Zuckerberg tersebut telah berhasil masuk ke Cina dengan meluncurkan anak perusahaan di People’s Republic.

Facebook telah memperoleh lisensi untuk membuka kantor di Cina. Kantor itu dibangun dengan nilai mencapai 30 juta USD atau kurang lebih senilai Rp435 Miliar yang disebut Facebook Technology (Hangzhou), yang namanya sesuai dengan letaknya, yakni di Kota Hangzhou, di mana markas besar Alibaba juga berada.

Namun jangan harap Cina akan memberi kebebasan banyak untuk Facebook hanya karena telah membuka anak perusahaan senilai 30 juta USD, karena menurut pernyataan dari Facebook, tujuan dari anak perusahaan ini di antaranya untuk mendukung para pengembang (developer), para inovator, dan juga bagi start-up dari Cina.

Jenis kantor semacam subsidiary sebenarnya bukan pusat startup pertama yang diluncurkan oleh Facebook, anak perusahaan semacam ini sebelumnya juga sudah dibangun di beberapa negara lain seperti India, Korea Selatan, Prancis, dan Brasil.

Anak perusahaan ini sepenuhnya dimiliki oleh Facebook HongKong Limited, sedangkan pembatasan maupun pelarangan yang selama ini diperoleh Facebook dari Cina tidak akan didapatkan di HongKong karena regulasi atau peraturan di kedua negara tersebut berbeda. (Awiek/Ozi)

Sumber: 1, 2