pulsa-logo

Samsung Kembangkan GPU Sendiri, Akankah Didebut di Galaxy Note 9?


Nariswari

Rabu, 25 Juli 2018 • 15:16

Samsung Galaxy Note 9


Foto Diduga sebagai Galaxy Note 9, Image: SlashLeaksFoto Diduga sebagai Galaxy Note 9, Image: SlashLeaks

Samsung telah lama digosipkan sedang mengerjakan prosesor grafis (GPU) untuk handphone, meskipun  informasi rinci tentang upaya tersebut sejauh ini masih belum banyak informasi terkait hal tersebut.

Hal ini mungkin saja terjadi, karena fakta bahwa Samsung memiliki kontrak dengan ARM untuk menggunakan GPU Mali dalam chipset Exynos.

Sebuah kabar terbaru yang berasal dari EETimes menyebutkan bahwa Samsung selama ini telah bekerja keras untuk pembuatan prototipe GPU internal yang menawarkan kinerja luar biasa dan berpotensi dapat digunakan dalam segala hal dari handphone ke perangkat superkomputer.

Menurut laporan EETimes, GPU milik Samsung telah dikembangkan dengan bantuan dari seorang veteran di bidang industry, yakni Chien-Ping Lu yang sebelumnya juga terlibat dalam penggarapan chip grafis terintegrasi untuk PC di Nvidia, sebelum pindah ke MediaTek untuk penggarapan GPU seluler, dan kemudian ke Samsung.

Ini adalah desain GPU baru pertama dalam 10 tahun yang ditelurkan oleh Samsung. Lahirnya chip GPU ini sangat penting, yang bisa menempatkan Samsung setara dengan Apple. Karena Apple juga dikabarkan akan bekerja sendiri, GPU mobile next-gen yang kemungkinan akan  membuat debutnya akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Chip GPU besutan Samsung ini mampu mencapai tingkat kinerja yang maksimal dengan menggunakan arsitektur yang menggabungkan beberapa instruksi ke dalam kelompok yang dapat dijalankan dalam satu siklus, daripada mengandalkan VLIW konvensional.

Ada rumor yang menyebutkan bahwa  chip GPU ini akan diluncurkan bersama chipset Exynos baru, dan akan dihadirkan di  Samsung Galaxy Note 9. Dan cukup jelas bahwa GPU generasi terbaru ini khusus ditujukan untuk para gamer.


Namun, sebuah kabar yang diperoleh dari MySmartPrice menyebutkan bahwa sesuatu yang serupa kemungkinan sedang dikembangkan oleh Qualcomm. Rumornya, Qualcomm akan segera mengumumkan teknologi serupa dengan dukungan GPU Turbo Huawei, yang merupakan solusi perangkat lunak untuk meningkatkan kinerja yang bergantung pada percepatan GPU.

Ini berarti bahwa ada kemungkinan Samsung tidak menghadirkan GPU tersebut ke Galaxy Note 9. Sedangkan untuk GPU besutan Samsung, akan  lebih mungkin untuk debut di ponsel game yang dikabarkan sedang dikerjakan oleh Samsung, atau di Galaxy S10 yang akan dirilis tahun depan. (Naris/Ozi)

(Sumber)