pulsa-logo

Awas! Bluetooth di Android dan iPhone Rentan Diretas


Zulkifli Awiek

Kamis, 26 Juli 2018 • 21:03

Bluetooth


IlustrasiIlustrasi

Bluetooth merupakan salah satu fitur konektivitas yang hampir pasti tersedia di setiap smartphone. Anda pun mungkin sering menggunakan fitur ini, baik untuk transfer file maupun untuk aktivitas lainnya. Untuk itu, tidak ada salahnya bila kita simak kabar terbaru soal Bluetooth.

Yup, baru-baru ini ada data yang dikeluarkan oleh para spesialis di CERT yang menyebutkan bahwa berbagai perangkat yang mendukung Bluetooth memiliki kerentanan keamanan yang serius. Masalah ini tidak terbatas hanya pada handphone cerdas, karena meliputi PC (Personal Computer), tablet, maupun perangkat lainnya, dan hal ini perlu diperbaiki secepatnya.

Masalah yang ditemukan dalam Bluetooth iberada dalam proses enkripsi data ketika sebuah data atau informasi ditransfer dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ada missing check alias pemeriksaan yang hilang di kunci enkripsi (Diffie-Hellman Keys Exchange).

Jadi seorang peretas / hacker yang berada dalam jangkauan Bluetooth dapat menyadap semua data yang ditransfer. Tidak hanya pemberitahuan (notifications) saja yang disadap, tetapi juga kode keamanan untuk otentikasi dua arah-pun bisa dengan mudah didapatkan oleh si peretas.

Semua perangkat yang menggunakan Chip Qualcomm, Intel atau Broadcom sangat rentan.

Kabar baiknya adalah bahwa pengguna yang telah menerapkan patch keamanan (termasuk update software) sejak Juni lalu akan aman dari serangan ini, tetapi mereka yang belum, perlu lebih berhati-hati dan segera meng-install pembaruan software terbaru segera setelah pabrikan handphone atau perangkat Anda yang lain menyediakan pembruan perangkat lunak. (Awiek/Ozi)

Sumber: 1, 2