pulsa-logo

Setengah dari Handphone yang Dijual di 2018 Dibekali AI


Nariswari

Selasa, 31 Juli 2018 • 11:08

AI,artificial intelligent,apa itu AI?AI adalah


ilustrasiilustrasi

Fitur Artificial Intelligence (AI) dengan cepat menjadi bagian integral dari handphone kekinian. Dengan hadirnya fitur  AI computing mendorong lebih banyak pemrosesan on-device, karena vendor menggunakan lebih banyak AI untuk digunakan di beberapa aplikasi dan membantu fitur tertentu. Asisten virtual seperti Siri, Bixby, dan Google Asisten Google sudah makin banyak ditemukan di handphone yang beredar di pasaran.

Prediksi terbaru yang diterbitkan oleh  Strategy Analytics menyebutkan bahwa mereka  melihat kemajuan teknologi yang cukup pesat dari AI yang dihadirkan ke dalam ponsel pintar sejak dari 2010 hingga  tahun 2023.

Laporan itu juga telah memperkirakan penjualan handphone  dengan teknologi AI secara global dan di enam wilayah. Laporan Strategy Analitics  tersebut mencatat bahwa penggunaan Google Asisten telah meningkat menjadi asisten virtual teratas dengan lebih dari 50%. Presentase ini bisa dilacak pada dimasukkannya fitur  asisten pintar pada handphone versi Android terbaru.

Poisisi kedua  diikuti oleh Siri. Yang patut dicatat adalah klaim dari  Analis Senior Ville-Petteri Ukonaho yang menyebutkan bahwa asisten virtual  yang naik daun paling cepat adalah yang  berasal dari Cina yakni  Baidu Duer yang diprediksi akan menduduki tempat kedua dalam beberapa tahun mendatang.

Laporan Strategy Analitics  ini juga menyimpulkan bahwa pada tahun 2019, lebih dari setengah dari handphone  yang dijual secara global akan memiliki asisten virtual di dalamnya. Dan jumlah ini akan terus bertumbuh hingga 90%  hingga pada tahun 2023.

Dan jelas, ini adalah prediksi yang sangat bagus karena akan  mendorong akan terwujudnya handphone generasi mendatang yang “semakin cerdas” dan  menjadi asisten sehari-hari bagi tiap penggunanya. (*)

Sumber: Gizmochina