pulsa-logo

Hands-on: Samsung Galaxy J8 Nan Menggoda


Fauzi

Selasa, 31 Juli 2018 • 19:10

Samsung Galaxy J8


Seolah ingin mengimbangi gencarnya brand asal Tiongkok dalam mengeksplor pasar Tanah Air, berbagai seri smartphone Samsung telah menghiasi pasar. Satu yang terbaru adalah Galaxy J8. Di Tanah Air smartphone ini dilego seharga Rp3.799.000. Untuk mengenal sekilas tentang smartphone ini, silakan disimak uraian berikut.

Desain

Masuk kategori smartphone kelas menengah, Galaxy J8 sudah diracik dengan sejumlah unsur kekinian, yang nampak dari layarnya yang sudah beraspek rasio 18,5:9 yang mempengaruhi form factor smartphone secara umum.

Bisa dibilang Galaxy J8 memiliki postur yang ramping dan cenderung memanjang imbas dari rasio layar yang diadopsinya. Meski smartphone ini memiliki bentang layar berdiagonal 6 inci, namun bodinya secara umum masih tergolong kompak dengan dimensi setara smartphone berlayar 5.5 inci.

Infinity Display

Menariknya lagi, Galaxy J8 juga menjadi salah satu smartphone Samsung yang hadir menyematkan layar berkonsep Infinity Display. Layar Galaxy J8 tergolong cukup luas, yakni 6.0 inci dan menawarkan resolusi HD+ (720 x 1480 piksel). Dengan demikian, dari sisi kepadatan, konten yang dipancarkan smartphone ini berkisar ~274 ppi density.

Sama seperti smartphone Samsung lainnya, Galaxy J8 juga sudah mengadopsi jenis layar Super AMOLED. Lantaran sudah mengadopsi aspek rasio 18,5:9, pengalaman yang ditawarkan Galaxy J8 seperti untuk menonton video, bermain game, browsing internet, atau aktivitas lainnya sudah jauh lebih baik.


Galaxy J8  menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo yang dipercantik dengan Samsung Experience 9.0.  Jadi, secara umum bagi Anda pengguna setia perangkat Samsung, mungkin sudah akrab dengan apa yang ditampilkan di Samsung Experience.

Dari sektor keamanan smartphone ini juga sudah terdapat sejumlah fitur keamanan berbasis biometrik, seperti fingerprint sensor dan face recognition.

Kamera

Di sektor fotografi, Galaxy J8 datang dengan mengusung dual-camera yang terdiri dari sensor utama 16 MP (f/1.7) dan sensor sekunder 5 MP (f/1.9). Sementara untuk mengakomodasi pengguna yang suka selfie, Galaxy J8 dibekali sensor kamera depan 16 MP (f/1.9) disertai LED Flash yang bermanfaat untuk mengambil gambar dalam keadaan cahaya minim.

Ada sejumlah yang dibawa pada aplikasi kameranya, antara lain mode night, panorama, pro, beauty, live focus, auto, stickers, dan continous. Kamera pada Galaxy J8 juga memungkinkan pengguna untuk dapat mengambil gambar dalam mode full view.

Jeroan

Kinerja Galaxy J8 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 450 yang memiliki konfigurasi Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 dan prosesor grafis Adreno 506. Spesifikasi hardware lainnya juga mencakup RAM 3GB dan memori internal 32GB. Apabila dianggap kurang cukup, kita dimungkinkan untuk memperluas penyimpanannya menggunakan kartu microSD up to 256GB.

Tidak ketinggalan, untuk mendukung operasional smartphone secara keseluruhan, Galaxy J8 didayai oleh baterai 3500 mAh. Berdasarkan keterangan yang terlihat di situs resmi Samsung, baterai Galaxy J8 tertulis mampu bertahan hingga 13 jam untuk akses internet jaringan LTE.

Ingin tahu lebih jauh lagi soal Galaxy J8, simak saja review-nya nanti.