pulsa-logo

6 Alasan Huawei Nova 3i Layak Beli, No. 3 Bikin Penasaran


Deni Hardian

Rabu, 01 Agustus 2018 • 13:24


Huawei Nova 3iHuawei Nova 3i

Berbarengan dengan hari peluncurannya, Huawei pun langsung ngacir dengan membuka Pre Order Nova 3i di Indonesia. Menggandeng Erafone dan Lazada sebagai distributor utamanya, handphone ini tersedia di pasaran dengan banderol resmi Rp 4.199.000, namun selam pemesanan awal ini konsumen bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp 3.999.000. Tak hanya memberikan cashback secara langsung, Huawei juga memberikan paket bonus menarik selama pre-order berlangsung diantaranya adalah Huawei Sport Bluetooth Earphone, Huawei Powerbank 6700 mAh dan voucher Joox.

Selain harga dan paket penjualan yang menggoda, apa aja sih fitur menarik yang ditawarkan oleh Huawei Nova 3i dan layak kah handphone ini untuk dibeli?.

1. Desain

Sebelum membahas fitur utama yang tersedia pada Nova 3i, PULSA tertarik untuk membahas tampilan desain yang ditawarkan oleh Huawei Nova 3i. Bagaimana tidak, perangkat ini hadir dengan tampilan desain yang menawan dengan sentuhan warna yang menggoda.

Huawei nova 3i hadir dengan tampilan desain yang trendy nan fashionable, desain yang ditampilkan ini secara khusus diciptakan dengan teliti untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dalam mendukung aktivitasnya sehari-hari. Tubuhnya menampakkan warna gradasi Iris Purple yang memikat dan layar Fullview yang lebar, menawarkan rasio screen-to-body 82.2% yang membuatnya tampil menawan.

Masih dari bagian depan perangkat, Huawei nova 3i menggunakan layar FHD+ generasi terbaru, berukuran 6,3 inci (2340x1080) dan rasio 19.5:9. Pembaruan lainnya adalah reproduksi warna: generasi terbaru ini mencakup 85 persen gamut warna, lebih tinggi 10 persen ketimbang generasi sebelumnya, alhasil layar yang ditawarkan memiliki kualitas yang sangat baik dalam menunjang aktivitas pengguna dalam beraktivitas seperti bermain game hingga menikmati konten multimedia.

Di belakang layar yang memiliki notch itu terdapat lapisan kaca yang bertugas melindungi frame tengah yang terbuat dari paduan material aluminum-magnesium. Lapisan kaca ini bertransisi secara tak kasat mata ke frame tengah, sehingga perangkat ini tetap ramping dan nyaman digenggam. Pada bagian belakang perangkat, selain menyematkan kamera ganda, Huawei juga menyertakan sensor sidik jari untuk memberikan perlindungan perangkat.


2. Kinerja

Mengedepankan tampilan desain, Huawei tak lupa memberikan sentuhan maksimal untuk memberikan kinerja smartphone yang mumpuni. Seperti diketahui, Huawei Nova 3i hadir dengan prosesor Kirin 710 SoC yang merupakan prosesor terbaru besutan Huawei yang diklaim memiliki kinerja yang apik serta sudah dibekali dengan kecerdasan buatan (AI).

Secara khusus, Huawei memastikan user experience AI yang berkualitas tinggi dengan kombinasi ekosistem yang lengkap pada antarmuka EMUI-nya, sehingga pengguna bisa berbelanja, mengatur galeri, menikmati komunikasi yang jernih, dan lain-lain, dengan nyaman. Huawei nova 3i juga mendukung AI gaming mode yang mendorong performa SoC semaksimal mungkin tanpa intervensi sebab ia bisa memblokir notifikasi dan panggilan telepon yang kurang penting, supaya tak mengganggu permainan.

Huawei Nova 3iHuawei Nova 3i

Menariknya lagi, Kirin 710 SoC yang sudah disupport oleh RAM sebesar 4GB, Nova 3i juga menggunakan GPU Turbo untuk mengoptimalkan kemampuan pemrosesan grafisnya. GPU Turbo adalah teknologi pengakselerasi pemrosesan grafis yang mengubah cara grafis diolah di level sistem; fitur ini meningkatkan integrasi software-hardware, mengatasi masalah bottleneck yang selama ini menahan CPU dan GPU. GPU Turbo membuat perangkat bisa menjalankan game yang memiliki grafis paling intensif sekalipun, dengan mendongkrak performa dan efisiensi, sebuah pencapaian yang menentang pepatah lama, bahwa sesuatu bisa ada dengan mengorbankan yang lain.

3. Kamera

Nilai jual utama yang hadir pada Huawei Nova 3i terletak pada fitur fotografi yang ditanamkan. Bagaimana tidak, perangkat ini menyematkan 4 lensa kamera dalam satu perangkat yang bakal memanjakan pengguna dalam berkreasi.

Huawei nova 3i dilengkapi dengan kamera ganda di depan dengan kombinasi sensor utama 24MP dan sebuah sensor 2MP. Lensa utama bertugas merekam detail dengan lensa lebar yang memiliki bukaan atau aperture f/2.0, sementara lensa kedua 2MP merekam data kedalaman dengan hardware pendeteksi kedalaman yang didedikasikan.

Saat kedua lensa bersinergi, terciptalah foto-foto yang menakjubkan dan efek bokeh yang otentik. Sebagai tambahan, Huawei Nova 3i bisa mengenali lebih dari 200 skenario dari delapan kategori, antara lain Blue Sky, Plant dan Beach, dan menerapkan satu set optimalisasi yang unik pada tiap pemotretan sambil melakukan beautification pada obyek foto secara terpisah.

Algoritma beautification juga mempertimbangkan bagaimana orang-orang di seluruh dunia mempersepsikan kecantikan dan menerapkan sejumlah penyesuaian terhadap orang-orang yang dipotret berdasarkan jenis kelamin dan warna kulit. Lebih jauh, hardware pada Huawei nova 3i mendukung pratinjau cuplikan HDR secara real-time. Perangkat nova 3i generasi ketiga ini juga mendukung lima pencahayaan berkualitas studio, yaitu pencahayaan lembut, pencahayaan kupu-kupu, pencahayaan panggung, pencahayaan terpisah, dan pencahayaan klasik.

Huawei nova 3i dapat secara akurat memetakan lima fitur wajah subyek foto dan mengembangkan model 3D, yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pencahayaan tambahan atau perlu dilakukan beautification. Sebagai perangkat yang dibuat bagi mereka yang menganggap smartphone sebagai alat yang amat penting untuk mengekspresikan dirinya, Huawei nova 3i dilengkapi dengan kamera belakang yang powerful juga. Kamera belakang ini mengkombinasikan sensor utama 16MP dan sensor kedua 2MP.

Nilai plus lainnya adalah, berbekal pembelajaran mesin AI, Huawei nova 3i juga mendukung 3D Qmoji, sebuah fitur menyenangkan yang akan mengubah wajah pengguna menjadi avatar digital.

4. Baterai dengan Fast Charging 10W

Hadir dengan tampilan desain yang menggoda ditunjang dengan kinerja perangkat yang mumpuni ditambah dengan fitur fotografi yang menawan, Huawei Nova 3i semakin lengkap dengan dukungan baterai berkapasitas 3340 mAh yang juga dibalut dengan fitur pengisian baterai cepat (fast charging). Dengan dukungan baterai yang besar dan kemampuan pengisian baterai cepat tentunya bakal semakin memanjakan pengguna dalam beraktivitas dalam waktu yang lama. Asyiknya lagi, pada paket penjualan perangkat ini pengguna mendapatkan sebuah powerbank berkapasitas 6700 mAh secara cuma-cuma. Tentunya aktivitas gaming, streaming dan kerja pengguna bakal bisa dilakukan dalam waktu yang lebih lama lagi.

5. Memory Internal

Satu hal penting yang kini sudah menjadi kebutuhan dasar pengguna smartphone adalah kapasitas simpan data perangkat. Nova 3i ini sudah dibekali dengan memory internal sebesar 128GB, dengan kapasitas data yang tersedia pengguna tidak perlu khawatir lagi. Dengan kapasitas yang tersedia pengguna bisa menyimpan beragam file foto, video maupun file game dengan nyaman tanpa perlu takut kehabisan memory internal. Selain itu, Nova 3i juga telah menyediakan media penyimpanan eksternal dengan kapasitas maksimal hingga 256GB.

6. Sistem Distribusi

Sistem distribusi sudah menjadi bagian penting dalam menyukseskan penjualan smartphone. Kombinasi penjualan secara online dan offline telah dilakukan oleh Huawei di pasar ponsel tanah air. Untuk penjualan secara online, Huawei menggandeng Lazada, secara khusus Lazada telah menyediakan Huawei Official Store untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi secara online. Lazada juga memberikan kemudahan dalam mengakses dan mendapatkan jaminan keaslian produk-produk Huawei. Sementara untuk memperluas penyebarannya secara offline, Erafone menjadi mitra bisnis utamanya. Dengan jaringan distribusi yang dimiliki oleh Erafone di seluruh Indonesia membuat Huawei Nova 3i tidak menjadi smartphone ghaib seperti smartphone besutan vendor lain.

Berdasarkan 6 poin menarik di atas, sepertinya Huawei Nova 3i memang layak untuk dibeli. Jadi tunggu apalagi, langsung deh buru handphone tersebut.