pulsa-logo

Kompak, Samsung dan LG Siapkan Teknologi Ini


Zulkifli Awiek

Kamis, 02 Agustus 2018 • 14:38

Samsung


Image: Samsung via USPTOImage: Samsung via USPTO

Produsen handphone kemungkinan besar akan bereksperimen dengan bahasa desain dan bentuk-bentuk baru di tahun-tahun yang akan datang. Hal ini tentunya dilakukan agar pasar tidak jenuh. Saat ini kita sudah banyak menyaksikan bagaimana vendor-vendor seperti Oppo dan Vivo yang sudah ada di depan dalam hal teknologi pop-up camera, ataupun Apple yang mempopulerkan desain layar dengan poni alias notch.

Menurut laporan terbaru, LG dan Samsung telah mengajukan paten untuk desain handphone yang mencakup teknologi dual layar, satu di depan dan yang lainnya di belakang. Kedua paten telah diterbitkan oleh USPTO, otoritas terkait di Amerika Serikat.

LG dikatakan telah mengajukan permohonan paten lebih dari satu setengah tahun lebih awal dari Samsung, akan tetapi kedua paten tersebut diterbitkan pada hari yang sama oleh USPTO. Ilustrasi dalam paten menunjukkan bahwa Samsung dan LG sedang berinovasi untuk membuat handphone yang memiliki layar sekunder di belakang.

Ilustrasi Samsung memperlihatkan perangkat dengan layar belakang yang menutupi sekitar setengah dari bagian belakang.

Image: LG via USPTOImage: LG via USPTO

Sedangkan ilustrasi LG menunjukkan layar sekunder yang mencakup seperempat bagian atas belakang perangkat. Namun tidak terdapat informasi terkait layar berjenis apa yang digunakan oleh LG dan Samsung.

Mungkin saja ide itu mirip dengan YotaPhone yang memiliki layar e-Ink 5,2 inch di body belakang, atau bisa jadi Samsung dan LG sedang mencoba mengimplementasikan teknologi layar sekunder dalam bentuk LCD atau OLED.


Meskipun paten ini telah muncul dan telah terkonfirmasi, namun nampaknya teknologi masih butuh waktu untuk pengembangan lebih lanjut, dan sepertinya di masa depan, kita sebagai konsumen akan semakin diuntungkan dengan bervariasinya teknologi yang ada asal kita menggunakannya dengan penuh tanggung jawab. (Awiek/Ozi)

(Sumber)