pulsa-logo

Tegas! Prancis Larang Penggunaan Handphone di Sekolah


Zulkifli Awiek

Kamis, 02 Agustus 2018 • 14:58

Handphone di Sekolah


IlustrasiIlustrasi

Guna melepaskan kecanduan handphone pada anak usia sekolah, baru-baru ini sebuah undang-undang baru telah resmi diperkenalkan di Prancis. Undang-undang dimaksud yakni mengatur seputar larangan anak sekolah menggunakan handphone di lingkungan sekolah.

Undang-undang ini awalnya merupakan janji dalam kampanye pada waktu Emmanuel Macron mencalonkan diri saat pemilihan presiden. Prancis telah cukup khawatir bahwa anak-anak generasi muda mereka saat ini sudah tidak dapat melepaskan kecanduan dengan handphone, dan hal tersebut adalah masalah kesehatan masyarakat yang bisa jadi serius.

Undang-undang baru yang lebih ketat ini akan mulai diimplementasikan mulai tahun ajaran baru September ini. Anak-anak dan remaja usia sekolah di Prancis harus mematikan dan menyimpan handphone mereka pada saat jam belajar, atau meninggalkan handphone mereka di rumah saja.

Larangan ini berlaku untuk anak-anak dengan usia maksimal hingga 14-15 tahun, karena menurut riset, hampir 9 dari 10 remaja di Prancis yang berusia antara 12 sampai 17 tahun memiliki handphone.

Pemerintah Prancis melalui Menteri Pendidikannya, Jean-Michel Blanquer mengatakan bahwa pemerintah menyerahkan keputusan kepada sekolah masing-masing yang ada di sana apakah sekolah tersebut akan mengimplementasikan aturan tersebut secara parsial (mengambil poin-poin aturan yang penting saja), ataupun seluruhnya. Blanquer juga mengatakan bahwa undang-undang yang sebelumnya tidak dapat ditetapkan di seluruh dewan yang ada, dan undang-undang baru inii telah memperbaiki hal tersebut.

Sebelumnya, Prancis pernah melarang penggunaan handphone untuk murid di dalam kelas, hal ini telah diterapkan sejak 2010 silam. Sedangkan undang-undang baru ini benar-benar melarang murid membawa atau menggunakan handphone di semua kegiatan sekolah, bahkan di saat jam makan atau jam istirahat sekalipun.

Bagaimana menurut Anda, apakah peraturan yang ditetapkan oleh Prancis ini harus diterapkan juga di Indonesia? (Awiek/Ozi)


Sumber: 1, 2