pulsa-logo

Exclusive Hands-On: Samsung Galaxy Tab S4 10.5


Anwar Aburizal

Kamis, 02 Agustus 2018 • 15:45


Hands On Samsung Galaxy Tab S4Hands On Samsung Galaxy Tab S4

Sempat diprediksi akan hadir pada gelaran IFA 2018 yang baru akan berlangsung akir bulan ini di Berlin, Jerman. Tablet teranyar Samsung, Galaxy Tab S4, akhirnya diungkap secara resmi kemarin malam (1/8).

Sehari berselang, PULSA pun berkesempatan untuk secara langsung menjajal tablet yang digadang sebagai “iPad Pro Killer” ini. Berikut kesan pertama PULSA.

Layar Lebih Lega Untuk Semua Kebutuhan

Melihat namanya, hal pertama yang yang disadari tentu saja ukuran layar tablet ini yang lebih besar dari pendahulunya, Galaxy Tab S3 yang dibekali layar 9.7 inci. Resolusinya pun turut ditingkatkan sehingga sajian layar berpanel sAMOLED tetap tajam dengan tampilan warna yang natural.

Tidak hanya lebih besar, layar berukuran 10.5 inci milik tablet ini juga terlihat lebih dominan dengan cakupan lebih luas di sisi muka dibanding pendahulunya (~78.6% berbanding ~72.7%). Hal ini berkat bezel yang secara signifikan menyusut menjadi lebih tipis terutama di bagian atas dan bawah layar.

Hands On Samsung Galaxy Tab S4Hands On Samsung Galaxy Tab S4

Untuk mengakomodasi hal ini, tak lagi terlihat tombol fisik maupun kapasitif di bawah layar. Artinya, tidak ada sensor sidik jari pada Tab S4 10.5. Fungsi pemindai sidik jari yang mengakomodasi fitur keamanan biometrik digantikan oleh pemindai iris mata yang secara teknologi lebih canggih dan futuristik. Selain itu tersedia juga 3D face recognition. Samsung bahkan juga menyuntikkan fitur intelligent scan yang menggabungkan keduanya.


Jangankan untuk keperluan yang berhubungan dengan produktifitas semisal bekerja menggunakan aplikasi Microsoft Office, layar tablet satu ini tampak sangat siap untuk memenuhi kebutuhan hiburan penggunanya apalagi dengan dukungan teknologi moving audio Dolby Atmos dan 4 speaker yang di desain khusus bekerjasama dengan AKG di sektor audio.

Samsung DeX dengan Fitur Dual-Monitor

Dengan chipset Snapdragon 835 yang didukung oleh kapasitas RAM sebesar 4GB, performa Tab S4 10.5 tidak perlu diragukan. Bahkan untuk digunakan multitasking pun, performa tablet ini masih bisa diandalkan.

Samsung Galaxy Tab S4 Dex ModeSamsung Galaxy Tab S4 Dex Mode

Yang menarik, tablet ini menjadi Galaxy Tab pertama yang mengadopsi Samsung DeX for Tablet, dan untuk mengaktifkannya, pengguna tidak harus menghubungkan dock khusus. Dengan DeX Mode, multitasking terasa lebih mudah karena pengguna dapat mengatur ukuran jendela dari setiap aplikasi yang berjalan.

Tidak cukup sampai disitu, DeX Mode pada Tab S4 ini pun tergolong spesial karena sudah mendukung fitur dual-monitor, artinya ketika pengguna menghubungkannya ke perangkat monitor melalui HDMI, layar tablet ini akan tetap menyala. Pengguna kemudian bisa memilih mode clone, extended display atau sebagai trackpad raksasa.

Aksesoris

Seperti pendahulunya, Galaxy Tab S4 dibekali dengan S-Pen sebagai stylus bawaan. Sayangnya, tidak seperti seri Note, Anda tidak bisa menyimpan S-Pen dalam bodi tablet ini sehingga resiko hilang menjadi catatan tersendiri.

Beda halnya jika pengguna membeli aksesoris keyboard yang dijual terpisah. Pada keyboard yang juga berfungsi sebagai pelindung layar saat tidak digunakan ini, tersedia tempat khusus untuk menyimpan S-Pen.

S-Pen milik Tab S4 ini terasa sangat intuitif dalam penggunaannya. Menggunakan S-Pen bersama Tab S4, terasa seperti menulis di atas kertas.

Samsung Galaxy Tab S4 (Tablet Mode)Samsung Galaxy Tab S4 (Tablet Mode)

Yang menarik, Jo Semidang, IT & Mobile Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, memperlihatkan kepada kami kemampuan S Pen untuk membantu menerjemahkan tulisan bahasa asing. Padahal tulisan tersebut bukan dalam format teks, melainkan dalam format gambar (image).

Dengan harga yang relatif bersahabat, Galaxy Tab S4 bukan hanya menjadi pilihan paling menarik diantara pesaingnya di kelas tablet. Berkat dukungan DeX Mode, tablet ini bahkan tetap mempesona walaupun ditandingkan dengan laptop. PULSA semakin tidak sabar untuk segera mengulasnya secara utuh. (anz)