pulsa-logo

Siap-Siap! Android 9.0 P Akan Diluncurkan Bulan Ini


Nariswari

Jum'at, 03 Agustus 2018 • 10:12

Android 9.0 P


Image: via GizChinaImage: via GizChina

Data statistik terbaru Google menunjukkan bahwa saat ini masih banyak pengguna Android yang masih menggunakan versi Nougat atau versi  lebih lawas. Hanya sebagian kecil pengguna Android yang benar-benar menggunakan sistem operasi Android v8.0 Oreo.

Namun, kecilnya angka distribusi penggunaan sistem operasi Android ini, tidak menghentikan Google untuk mengembangkan sistem operasi Android versi terbaru, yakni OS Android v9.0 P, atau disebut juga Android P.

Pekan lalu, Google merilis versi beta Android P terakhir dan tampaknya ini adalah sinyal kuat bahwa Google siap untuk merilis sistem Android barunya dalam versi penuh.

Sebuah bocoran informasi dari Evan Blass mengekspos kalender bulan Agustus 2018 dan sebuah huruf hijau "P" yang ditandai  pada tanggal 20. Ini cukup eksplisit, yang mengisyaratkan bahwa Android P akan dirilis pada 20 Agustus 2018.

Secara  kebetulan, versi sebelumnya yakni Android 8.0 Oreo juga dirilis pada bulan Agustus tahun lalu.

Adapun Android v9.0 P akan membawa banyak perubahan baru, terutama dukungan komprehensif untuk menampilkan visual dan homescreen dengan desain handphone berlayar poni.

Sebelumnya, Manajer Produk Android UI, Megan Potoski sempat menulis di postingan blog miliknya yang ditujukan untuk pengembang perangkat lunak, bahwa Google saat ini sedang mengerjakan Android P. Menurutnya, dengan Android P, Google cukup terbuka dengan fase pengujian pratinjau. Selain seri Google Pixel sendiri, ada beberapa merek handphone yang menambahkan pratinjau Android P antara lain Xiaomi, OnePlus, Nokia, Sony, Vivo, Oppo, dan Esensial Phone. (Naris/Ozi)


(Sumber)