pulsa-logo

Google Resmi Umumkan Android 9 Pie


Fauzi

Selasa, 07 Agustus 2018 • 10:52

Android 9 Pie


Image: android.comImage: android.com

Kabar gembira bagi para pecinta Android. Ya, Google baru-baru ini telah mengumumkan secara resmi versi terbaru Android, yakni versi 9 atau P.

Bila menilik data statistik yang digulirkan Google, sejatinya pengguna Android terbesar masih diduduki oleh Android Nougat, sementara Android 8.0 Oreo tergolong masih cukup kecil. Kendati demikian, hal ini tidak menyurutkan langkah Google untuk mengembangkan versi lanjutannya, yakni Android 9 Pie yang telah diumumkan belum lama ini.

Seperti tertuang di laman resminya Android 9 Pie dikembangkan untuk dapat berinteraksi dengan pengguna, bagaimana pengguna menggunakan handphone mereka, serta mempelajari preferensi pengguna.

Adalah hal yang biasa bila pada versi anyar, Android akan menyuguhkan sejumlah fitur baru. Di Android 9 Pie pun demikian, berikut fitur baru yang ditanamkan pada sistem operasi tersebut:

Adaptive Battery, fitur ini akan secara teknis mempelajari bagaina menggunakan perangkatnya, sehingga aplikasi dan layanan yang digunakan sama sekali tidak akan menguras baterai.

Adaptive Brightness – sesuai namanya fitur ini secara otomatis akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan lingkungan pengguna berada.

App Actions – fitur ini memprediksi apa yang akan pengguna lakukan, sehingga mereka bisa melakukan tugas berikutnya dengan lebih cepat. Misalnya, ketika pengguna melakukan sesuatu, seperti mengkoneksikan headphone, maka play list yang telah didengarkan sebelumnya tersedia di depan dan di tengah.


Slice – fitur ini akan memunculkan bagian penting dari aplikasi favorit pengguna ke permukaan.

Selain fitur di atas, Android 9 Pie juga membawa sejumlah fitur lain, seperti Digital Wellbeing, dashboard, App Timers, serta Wind Down and Do not Disturb. Selain itu, Android 9 Pie juga menawarkan navigasi yang intuitif di mana penguna dapat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain secara lebih alami menggunakan gerakan.

Android 9 Pie baru baru akan digulirkan untuk para pengguna handphone Pixel besutan Google. Diharapkan perangkat lainnya juga bisa mencicipi versi Android 9 Pie di masa mendatang. So, kita tunggu saja perkembangannya. (Ozi)

Sumber: 1, 2