pulsa-logo

Ketika Player DotA 2 Profesional Dikalahkan oleh 2 Bot AI


Zulkifli Awiek

Selasa, 07 Agustus 2018 • 15:10

AI,Gaming,DotA


Image: arstechnica.comImage: arstechnica.com

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa Open AI yang digagas Elon Musk berencana untuk bermain melawan beberapa pemain DotA 2 Profesional, dalam upaya untuk menguji seberapa baik AI dapat bekerja sama.

Akhirnya rencana tersebut berhasil tercapai, ternyata AI bisa sangat efektif dalam kerjasama tim, karena para bot AI berhasil mengalahkan sekelompok pemain Pro DotA 2 tersebut.

Bot-bot itu, yang dijuluki OpenAI Five, melawan 4 pemain profesional dan seorang komentator DotA 2 dalam  pertandingan “best-of-three”. Tim AI sangat efektif, sehingga pada game pertama, para pemain manusia bahkan tidak mampu menghancurkan salah satu tower Tim AI. Aksi AI di game kedua masih berlanjut, di mana mereka berhasil menghancurkan setidaknya 1 tower, sebelum akhirnya di game ketiga Tim Manusia Pro Player DotA 2 berhasil menang.

Namun, perlu dicatat bahwa di situs web OpenAI, dijelaskan jika pertandingan itu bukanlah game standar DotA 2, karena ada modifikasi tertentu yang harus dibuat agar game tersebut dapat dijalankan, seperti hanya Hero tertentu saja yang bisa untuk dipilih, penghapusan item tertentu dalam game, tidak ada Wards, tidak ada Roshan, dan lain sebagainya.

Dari simulasi pertandingan ini, hal yang bisa kita ambil adalah bahwa teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan memang sudah ada di titik yang mengesankan. Bahkan, seperti sudah memiliki “nyawa” sendiri hingga mampu mengalahkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.

Namun tetap, kita sebagai manusialah yang harus punya kendali penuh atas AI, bukan AI yang mengendalikan kita.

Jika Anda tertarik untuk melihat replay pertandingan Pro DotA 2 player versus AI, silakan replay di sini via Twitch. (Awiek/Ozi)


(Sumber)