pulsa-logo

Ini Kelebihan dan Kekurangan Android 9 Pie


Nariswari

Rabu, 08 Agustus 2018 • 11:46

android 9,android pie,update android,upgrade android,android oreo,download android terbaru


Logo Android PieLogo Android Pie

Google  akhirnya merilis versi stabil pertama dari OS Android v9.0  P, selain memberikannya nama resmi yakni Android Pie dan nomor versi. Edisi baru OS paling populer di dunia ini secara resmi disebut dengan OS Android v9.0 Pie. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan upgrade  sistem operasi ke Android Pie, akan lebih baik jika Anda untuk mengenal  berbagai hal tentang OS Android v9 Pie. Termasuk fitur-fitur di dalamnya, hal keren yang akan didukungnya, dan juga berbagai kekurangan yang dimilikinya. Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Android 9 Pie.

FITUR KEREN

Hal pertama dari upgrade OS Android v9 Pie adalah hadirnya fitur AI-powered ke perangkat yang kompatibel yakni Adaptive Battery yang merupakan  fitur yang akan populer di Android Pie. Ini dikarenakan semua orang tentunya  ingin baterai di perangkat mereka bisa bertahan lebih lama. Untungnya, dengan Adaptive Battery, hal tersebut bisa dimungkinkan. Adaptive Battery menggunakan teknologi  mesin pembelajaran dan AI untuk membantu menjadikan baterai di dalam handphone Anda lebih awet.

Ini dilakukan dengan melakukan penghematan konsumsi daya dari tiap aplikasi yang Anda download, dan menyalurkan  daya baterai jeuh lebih sedikit ke aplikasi yang jarang Anda gunakan. Jadi, jika Anda memiliki aplikasi yang hanya Anda gunakan sebulan sekali atau bahkan kurang dari sebulan Anda gunakan, maka handphone berbasis OS Android Pie ini akan langsung memangkas daya  yang dialirkan ke aplikasi tersebut.

Selain itu, ada dukungan fitur Apps Action. Fitur ini  tentunya hal ini akan mempermudah Anda melakukan berbagai tugas yang Anda lakukan setiap hari, pada waktu yang hampir bersamaan. Misalnya, jika Anda biasanya memeriksa Google News saat Anda bangun di pagi hari, maka fitur Apps Action akan muncul bagi Anda untuk membuka Google News ke daftar notifikasi dapat langsung Anda buka dengan mudah.

Google juga membuat  pengalaman multitasking jauh  lebih mudah dan lebih cepat. Namun itu bukan keseluruhan keunggulan dari Android P.  Ada juga  fitur Quick Text Selection yang tersedia. Jadi di layar multitask, yang  memungkinkan  Anda dapat memilih beberapa teks dan menyalinnya, lalu menempelkannya ke aplikasi lain. Ini sangat berguna ketika mencari alamat, atau menyalin nomor telepon, atau bahkan menampilkan hasil browsing dari Google. Akan mempermudah  bagi Anda, ketimbang  melompat di antara aplikasi di Recent Menu, serta membuka menu itu sendiri.

Android v9 Pie juga mendukung Fitur Slices yang dirinci pada Konfrensi Pengembang Google  I / O 2018 awal tahun ini. Fitur ini akan menampilkan informasi yang relevan dari aplikasi jika diperlukan.


Navigasi sistem baru juga telah diperkenalkan dengan versi Android ini. Ada  fitur tombol home tunggal dan dimaksudkan untuk membuat navigasi lebih mudah dan lebih simple pada perangkat. Gerakan menggesek (sweep) sederhana di layar dirancang yang menunjukkan pratinjau layar secara  penuh.

Fitur-fitur  Digital Wellbeing  juga didukung oleh Adnroid v9 Pie,  yang di mana banyak dipuji selama  konferensi  Google I / O 2018. Namun fitur ini untuk smentara  hanya akan tersedia pada handphone Pixel  terbaru.

KEKURANGAN

Banyaknya perubahan desain kemungkinan akan memunculkan banyak keluhan dari pengguna  perangkat berbasis OS Android Pie ketika OS  Android v9 Pie akhirnya diluncurkan ke semua pengguna perangkat pintar. Ini bukan karena perubahan desain yang  buruk, tetapi banyak yang tidak menyukai perubahannya  sama sekali. Tapi salah satu masalah dengan desain baru ini adalah kenyataan bahwa Google memindahkan tombol Pengaturan di Notification Shade.

Selain itu,  menempatkannya di bagian bawah, artinya Anda tidak bisa hanya menurunkan Notification Shade  dan menekan ikon Pengaturan untuk melompat ke Pengaturan. Sebagai gantinya, Anda perlu menggesek ke bawah dan membuka panel Quick Setting, lalu ketuk ikon Pengaturan. Pada dasarnya menambahkan langkah lain ke seluruh proses ini. Agak ribet ya?  

Kontrol berbasis gesture (gerakan) yang dimulai oleh Google di  debutnya di OS Android v9 Pie dianggap tidak terlalu bagus dan jauh dari sempurna. Kontrol gesture-nya persis sama dengan control gesture di iPhone  X.  Dan jika Anda pengguna Android fanatik, kontrol gerakan ini pada kenyataannya  tidak akan membuatnya lebih cepat untuk menavigasi melalui ponsel cerdas Anda. Bahkan lebih ribet dan lambat. Kontrol berbasis gesture sepertinya agak setengah matang hadir di Android Pie.

Bagian terburuk lainnya dari upgrade OS Android v9 Pie adalah fakta bahwa desain ulang yang ditemukan di Android Pie  belum pernah dilihat oleh sebagian besar pengguna Android. Dan ini karena produsen ponsel pintar menggunakan  antarmuka mereka sendiri di ponsel cerdas mereka, daripada menggunakan AOSP dan menambahkan beberapa fitur di atasnya, seperti yang dilakukan Motorola. Selain itu, banyak fungsi bawaan (default)  yang kemudian  tidak akan jalan di OS Android v9 Pie.

OS Android v9 Pie akan diluncurkan ke perangkat Google Pixel dan Android One terlebih dahulu, sementara  handphone generasi terkini seperti LG G7 ThinQ atau Samsung Galaxy S9 masih harus rela “menunggu” pembaruan Android Pie tersebut  selama berbulan-bulan. Hanya beberapa minggu yang lalu, Android Oreo hanya mencapai tingkat adopsi  sekitar 12,1%  dari semua perangkat Android aktif (10,1 % adalah  Android v8.0 dan sekitar  2%  adalah Android v8.1). Dan adopsi Oreo juga masih terbilang  kecil di  perangkat Android di seluruh dunia. Padahal penghitungan adopsi tersebut  setelah Oreo  tersedia selama hampir satu tahun. Jadi Anda bisa bayangkan dengan tingkat popularitas dan adopsi Android Pie di handphone global, bukan?

Yah, OS Android v9 Pie mungkin bukan versi Android terbaik atau paling sempurna yang pernah ada, tetapi ini mencakup banyak fitur terkini  yang akan menjadikan handphone  Anda lebih baik. Seperti halnya dengan pembaruan apa pun, ada beberapa perubahan yang mungkin tidak disukai banyak orang. Termasuk mekanisme navigasi berbasis gesture baru dan reposisi pengaturan jalan pintas / shortcut  yang tampaknya tidak perlu. Akan tetapi setidaknya dengan  hadirnya berbagai fitur terkini di Android Pie, akan  banyak hal baru  yang lebih disukai ketimbang yang tidak disukai. Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Android 9 Pie yang telah PULSA jabarkan. Tertarik nanti bakal update ?(*)

Sumber: AndroidHeadlines