pulsa-logo

Asus Zenfone 5Q vs Huawei Nova 3i, Tarung Handphone 4 Kamera 3 Jutaan


Deni Hardian

Rabu, 08 Agustus 2018 • 16:19

adu fitur,compare,kompare,asus zenfone 5q,huawei nova 3i,handphone 4 kamera,kirin 710,snapdragon 630,ram 4gb,tabloidpulsa,tabloid pulsa


Asus Zenfone 5q vs huawei nova 3iAsus Zenfone 5q vs huawei nova 3i

Setelah mengulas fitur yang tertanam pada handphone dengan RAM 6GB, kali ini PULSA akan  mengadu handphone 4 kamera yang tersedia di pasaran. Saat ini, handphone dengan fitur 4 kamera ada Besutan Huawei dan Asus.

Huawei yang belum lama ini memperkenalkan handphone 4 kameranya siap menghiasi pasaran dalam waktu dekat. Saat ini handphone 4 kamera yang bernama Huawei Nova 3i ini masih harus dipesan secara pre-order dengan banderol harga 4 juta rupiah. Sementara itu, Asus sudah cukup lama mengedarkan handphone 4 kameranya yang bernama Asus Zenfone 5Q yang saat ini tersedia dengan harga 3,5 juta rupiah saja.

Selain mengandalkan 4 kamera dalam satu perangkat handphone, apa saja sih fitur yang tertanam pada kedua perangkat ini. Berikut ulasannya.

Andalkan 4 Kamera

Asus Zenfone 5Q: Dual (Belakang) 16 MP, f/2.2, 26mm, PDAF + 8 MP, 13mm, (wide-angle), LED flash, HDR, panorama; (Depan) 20 MP, f/2.0, 23mm, 1/2.8", 1.0 μm + 8 MP, 13mm (wide-angle); Video: 2160p@30fps (SDM630 only), 1080p@60fps, 1080p@30fps (gyro-EIS)

Huawei Nova 3i: Dual (Belakang) 16 MP, f/2.2, PDAF + 2 MP (bokeh), LED flash, HDR, panorama; (Depan) 24 MP + 2 MP (bokeh); Video: 1080p@30fps

Kedua handphone ini hadir dengan mengandalkan 4 kamera sebagai jualan utamanya. Meski sama-sama memiliki 4 kamera dalam satu perangkat, kedua perangkat ini memiliki perbedaan besaran lensa yang ditanamkan, selain itu fokus kamera kedua yang tertanam juga memiliki fungsi yang berbeda pula.


Huawei Nova 3i hadir dengan kombinasi kamera belakang 16MP + 2MP. Fungsi kamera kedua yang tertanam pada perangkat ini adalah untuk menghasilkan efek bokeh yang kini menjadi tren oleh pengguna smartphone tanah air. Tak hanya itu, kamera belakang yang tertanam pada Nova 3i juga telah diperkuat oleh algoritme AI yang didorong pengetahuan lebih dari 100 juta gambar, HUAWEI nova 3i mampu mengingat 22 kategori dari 500+ momen, dan menyediakan hasil potret yang dioptimalkan. Apiknya lagi, kamera belakang ini juga mampu merekam video dengan mode slow-motion dengan frame rate yang mencapai 480 perdetik.

Sementara untuk Asus Zenfone 5Q hadir dengan konfigurasi kamera 16MP + 8MP. Berbeda dengan Nova 3i yang memfokuskan pada efek bokeh, Asus lebih mempercayakan mode wide-angle sebagai fitur terbaiknya. Mode wide-angle yang tertanam ini dapat mengambil objek dengan sudut 120 derajat. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengabadikan objek dengan sudut pandang yang lebih luas. Selain efek wide-angle, handphone ini juga dibekali dengan beberapa fitur pendukung yang memaksimalkan fungsi kamera belakangnya salah satu diantaranya adalah Super Resolution. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengambil objek foto dengan resolusi sangat tinggi.

Beralih ke kamera depan yang tertanam, Nova 3i hadir dengan konfigurasi kamera 24MP + 2MP. Memiliki besaran resolusi yang tinggi dikelasnya, perangkat ini bakal memanjakan pengguna yang gemar melakukan aksi selfie. Apalagi kamera kedua yang tertanam mampu menghadirkan efek bokeh. Sementara Asus Zenfone 5Q hadir dengan kamera depan 20MP + 8MP, selain memanjakan pengguna selfie kamera kedua yang tertanam juga memiliki fungsi yang serupa pada kamera utama Zenfone 5Q yakni mode wide-angle dengan sudut hingga 120 derajat. Dengan sudut yang lebar ini memungkinkan pengguna untuk melakukan aksi selfie secara bersama-sama.

Dalam aksi perekaman video, Asus Zenfone 5Q lebih memberikan opsi resolusi yang lebih banyak. Kemampuan kamera belakang yang tertanam mampu merekam video dengan resolusi 4K, asiknya lagi mode perekaman ini telah didukung dengan fitur EIS (Electric Image Stabilization) yang meredam goncangan saat melakukan pengambilan video. Selain itu, saat melakukan perekaman pengguna juga dapat mengambil foto dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan untuk Huawei Nova 3i kemampuan merekamnya hanya sebatas resolusi FullHD 1080p.

Desain

Asus Zenfone 5Q: 160.6 x 76.2 x 7.8 mm / 168 gram; Front/rear glass, aluminum frame

Huawei Nova 3i: 157.6 x 75.2 x 7.6 mm / 169 gram; Front/rear glass, aluminum frame

Setelah kamera, desain menjadi andalan kedua handphone ini untuk menarik minat konsumen. Dalam hal ini, Huawei Nova 3i sedikit lebih baik dengan tampilan desain yang ditawarkan. Tersedia di pasaran dengan 3 opsi warna yang berbeda yakni Iris Purple dan hitam. Khusus untuk Nova 3i dengan warna Iris purple, mampu memberikan efek warna tambahan ketika terkena pantulan cahaya. Menyematkan material body yang terbuat dari metal dengan frame yang terbuat dari alumunium membuat perangkat ini nampak mewah dan elegan.

Untuk bagian depannya layar yang tertanam memiliki tampilan yang luas dengan lapisan bezel yang sangat tipis. Tertanam pula poni pada bagian atas layarnya yang menjadi tren handphone masa kini.

Tak jauh berbeda dengan Nova 3i, Asus Zenfone 5Q juga dibekali dengan material desain yang terbuat dari kaca dan frame alumunium. Tak jauh berbeda dengan perangkat handphone besutan Asus lainnya, Zenfone 5Q juga memiliki desain yang memanjang pada bagian atas dan bawahnya.

Untuk penempatan sensor pemindai sidik jari, keduanya sama-sama menempatkan fingerprint pada bagian belakang perangkat. Begitu pula dengan penempatan kamera ganda dengan tamplan vertikal, untuk Nova 3i terletak pada sisi kiri atas sementara untuk Zenfone 5Q terletak di tengah atas perangkat.

Layar dan OS

Asus Zenfone 5Q: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.0 inches, 92.9 cm2 (~75.9% screen-to-body ratio); 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~402 ppi density), Multitouch, Android 8.1 (Oreo), Zen UI 5.0

Huawei Nova 3i: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 6.3 inches, 97.4 cm2 (~82.2% screen-to-body ratio); 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density), Multitouch, Android 8.1 (Oreo), EMUI 8.2

Untuk tampilan antarmukanya, kedua handphone ini sama-sama dibekali dengan panel layar berukuran besar. Namun dari sisi tampilan, Huawei Nova 3i memiliki besaran layar yang sedikit lebih besar dan sudut pandang yang lebih luas. Hal ini dikarenakan Nova 3i memiliki panel layar berukuran 6.3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 pixels serta rasio layar 19.5:9. Apiknya lagi, dengan lapisan bezel yang sangat tipis 82.2% membuat perangkat ini memiliki tampilan nyaris tanpa bezel yang membuatnya tampil menggoda.

Sedangkan Asus Zenfone 5Q hadir dengan panel layar berukuran 6.0 inci dengan resolusi 1080 x 2160p yang dikombinasikan dengan rasio layar 18:9 dan jarak tepi layar ke body 75.9%. Meski memiliki perbedaan besaran layar, kedua perangkat ini mampu menghadirkan kualitas layar yang tajam.

Sementara untuk antarmukanya, keduanya sama-sama hadir dengan OS Android 8.1 Oreo dengan tampilan khas UI masing-masing. Nova 3i memiliki kustom EMUI 8.2 sedangkan Zenfone 5Q hadir dengan Zen UI 5.0. Kedua tampilan antarmuka yang tertanam merupakan versi terbaru dengan beragam fitur tambahan yang menarik mulai dari gesture hingga aplikasi tambahan yang memaksimalkan fungsinya.

Performa

Asus Zenfone 5Q: Qualcomm SDM630 Snapdragon 630, Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 512; RAM 6GB, memory internal 64GB, microSD, up to 512 GB (dedicated slot); Baterai Non-removable Li-Ion 3300;

Huawei Nova 3i: Hisilicon Kirin 710, Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G51 MP4; RAM 4GB, memory internal 64; microSD, up to 256 GB (dedicated slot);; Baterai Non-removable Li-Ion 3340; Battery charging 10W

Untuk mendukung aktivitas kinerjanya, Asus lebih mempercayakan chipset besutan Qualcomm sebagai dapur pacu utamanya. Menggunakan Snapdragon 630, perangkat ini juga menggunakan RAM sebesar 4GB guna memaksimalkan kinerjanya. Tertanam pula memory internal 64GB dan baterai berkapasitas 3300 mAh. Namun sayangnya, tak disebutkan apakah media pengisian baterainya sudah dibekali dengan fitur fast charging atau tidak.

Sementara itu, Huawei Nova 3i lebih mempercayakan chipset besutannya yang merupakan versi terbaru yang tersedia di pasaran. Adalah HiSilicon Kirin 710 yang diklaim memiliki kinerja yang tak jauh berbeda dengan Qualcomm Snapdragon 710. Jika memiliki kinerja yang tak jauh berbeda, tentunya Nova 3i memiliki kinerja yang luar biasa jika dilihat dari label harga yang ditanamkan. Namun hal ini perlu dibuktikan secara mendalam dengan melakukan pengujian secara lengkap. Chipset yang tertanam telah didukung dengan RAM 4GB dan memory internal yang besar berkapasitas 128GB. Dengan kapasitas memory internal yang besar tentunya bakal semakin memanjakan pengguna dalam menyimpan berbagai berkas foto, video ataupun yang lainnya tanpa perlu khawatir.

Untuk penunjang dayanya, Nova 3i telah menyematkan baterai berkapasitas 3340 mAh yang dikombinasikan dengan pengisian baterai cepat.  

Kesimpulan

Memiliki segmen pasar yang tidak berbeda, kedua perangkat ini sama-sama membidik pengguna handphone yang gemar melakukan aktivitas fotografi. Dari sisi kualitas keduanya sama-sama menawarkan kualitas fotografi yang sama baiknya. Perbedaanya terletak pada efek kamera kedua pada masing-masing perangkat. Huawei Nova 3i lebih memaksimalkan efek bokeh sebagai nilai jual utamanya. Sedangkan Asus Zenfone 5Q lebih memfokuskan pada efek wide-angle. Dari sisi kinerja, Huawei menggunakan chipset yang lebih terkini yang memaksimalkan fitur AI yang kini menjadi tren ponsel masa kini. Sedangkan Asus yang telah terbukti kinerjanya dalam mendukung berbagai aktivitas membuat perangkat ini layak untuk diperhitungkan keberadaannya. Point plus yang ada pada Zenfone 5Q perangkat ini sudah tersebar luas dipasaran dengan label harga yang lebih terjangkau. Sementara untuk Nova 3i konsumen tanah air harus lebih sabar untuk mendapatkannya di toko offline di kota anda. Karena saat ini pembelian Nova 3i baru bisa dilakukan secara online.

Selamat Memilih. (Deni)