pulsa-logo

Ini Dia 5 Fitur Unik Samsung Galaxy Note9


Nariswari

Jum'at, 10 Agustus 2018 • 13:46

Fitur Unik Samsung Galaxy Note9


Samsung Galaxy Note9, Image: SamsungSamsung Galaxy Note9, Image: Samsung

Lewat acara tahunan Galaxy Unpacked yang dihelat di New York, Samsung pun meluncurkan Galaxy Note 9 semalam (9/8). Hadir mengusung layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dan prosesor bertenaga, handphone ini juga didukung dengan fitur kamera yang mengesankan dengan dukungan teknologi AI di dalamnya.

Tapi apa yang membuat Galaxy Note 9 unik? Apa yang membuatnya menonjol? Apa yang membuatnya berbeda jika dibandingkan dengan banyak handphone premium lainnya yang ada di pasaran?

Setidaknya,ada 5 fitur keren yang membuat Samsung Galaxy Note 9 berbeda dari yang lain. Apa sajakah?

1. S Pen yang Terkoneksi Bluetooth

Samsung Galaxy Note 9 adalah gadget mainstream pertama dengan built-in stylus dengan kontrol nirkabel dan tentu dukungan ini sangat keren. S-Pen yang baru tersebut hadir dalam berbagai warna funky dan cocok atau kontras warna perangkat Galaxy Note 9. S Pen di Samsung Galaxy Note 9 ini memiliki fitur Bluetooth Low Energy (BLE) built-in, sehingga dapat bekerja dari jarak hingga 30 kaki. Pengguna bisa menggunakannya sebagai aksesoris untuk membantu presentasi, remote control untuk membuka YouTube atau streaming musik, remote shutter dan lain sebagainya.

Hebatnya lagi, pengisian daya selama  40 detik dapat memberi masa pakai baterai S Pen ini selama 40 menit. S Pen tidak dibekali dengan baterai fisik. Samsung menggunakan superkapasitor, sebuah elemen yang tidak seperti baterai isi ulang biasa, tidak cepat rusak seiring waktu dan dapat bertahan lebih dari satu dekade. Superkapasitor juga dapat diisi daya  jauh lebih cepat daripada baterai biasa.

Dan satu lagi fitur keren yang ada di S Pen, yakni pengguna dapat menulis memo off-screen dengan S Pen dan aksesoris ini akan dapat mencocokkan warna S Pen, jadi jika pengguna memiliki S Pen kuning, memo layar kunci Anda juga akan digambar dengan warna kuning. Keren kan?  Tentu saja, pengguna dapat dengan mudah mengubah warna ini menjadi warna yang berbeda jika menginginkannya.


2. Memori internal 512 GB

Oke, secara teknis, Samsung Galaxy Note 9 bukanlah handphone pertama yang memiliki kapasitas penyimpanan memori internal sebesar 512GB, karena faktanya Huawei Mate RS memiliki ROM sebesar  512GB dan diluncurkan jauh lebih awal daripada Galaxy Note9, tetapi handphone tersebut dibanderol dengan harga yang sangat mahal yakni sekitar 2,400 USD (di Amazon) sedangkan Samsung Galaxy Note 9, memang akan tercipta sebagai handphone premium namun setidaknya akan dibanderol setengah dari harga  Mate RS.

Samsung Galaxy Note 9 juga mendukung penyimpanan yang dapat diperluas melalui kartu microSD, sehingga pengguna dapat secara bebas menambahkan kartu microSD 512GB sehingga total penyimpanan memori di Galaxy Note 9 Anda menjadi “handphone terabyte”.

3. DeX Tanpa Dock

DeX adalah penemuan yang cukup unik dan menarik yang dikembangkan oleh Samsung, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menghubungkan ponsel ke monitor eksternal dan pada dasarnya kemudian menghadirkan pengalaman seperti desktop. Oleh karena itu, dinamakan ”DeX”.

Namun di masa lalu, DeX biasanya memerlukan stan atau dock dan pengguna harus memasang dan menurunkan unit Samsung Galaxy, dan membawa dock untuk DeX itu ke mana pun. Nah, kini di Samsung Galaxy Note 9 semuanya jauh lebih sederhana, yakni handphone ini memiliki dongle kecil yang sederhana yang terhubung ke HDMI dan pengguna dapat memasuki mode DeX tanpa dock apapun.

Sekali lagi, Samsung bukan yang pertama dalam pengembangan teknologi ini, karena Huawei sebelumnya telah memperkenalkan solusi sederhana, satu-kabel, tetapi Samsung unik dalam menawarkan pengalaman desktop yang sangat halus dan smooth. Fitur ini muncul dengan berbagai opsi untuk menggunakan ponsel sebagai trackpad dan menyuguhkan manajemen daya untuk menangani beban tambahan selama menggunakan modus DeX.

4. Lens Smudge

Sebuah fitur baru yang unik di Galaxy Note 9, adalah fitur "Lens Smudge" yang  mampu mendeteksi secara cerdas saat lensa kamera belakang yang kotor atau terkena noda dan memberi tahu pengguna tentang hal itu.

Lensa menjadi kotor, cukup sering terjadi. Sentuhan tangan berminyak, ketukan disengaja pada kamera, atau noda jejak sidik jari di lensa kamera telah meninggalkan noda berminyak pada lensa kamera yang akan menghasilkan gambar menjadi buram. Selama ini begitu banyak orang  gagal mengambil gambar saat memotret dengan baik,  mereka terus mengambil gambar buram dan bertanya-tanya mengapa foto mereka tidak begitu tajam, dan bahkan mereka tidak mencurigai sama sekali bahwa yang perlu mereka lakukan hanyalah membersihkan lensa kamera! Well ini tentu fitur yang sangat keren bukan?

Cara kerjanya seperti apa? Fitur ini akan memunculkan semacam  pemberitahuan yang mengingatkan pengguna untuk membersihkan lensa di aplikasi kamera pada ponsel sebelum akan menggunakanya.

5. Sistem Pendinginan Water-Carbon System

Samsung Galaxy Note 9 sistem pedinginan unik di dalamnya yang dinamakan sistem pendinginan Water Carbon System. Sistem pendingin ini secara nyata akan berdifusi panas untuk pendinginan yang efisien, kemudian secara otomatis menyesuaikan kinerja perangkat untuk menyuguhkan kinerja yang mulus.

Harga dari Samsung Galaxy Note 9 adalah 1.000 USD (Rp14 jutaan). Dengan harga tersebut, Samsung telah menyuguhkan teknologi mobile terbaru dan paling canggih ke dalam perangkat tersebut. (Naris/Ozi)

(Sumber)