pulsa-logo

Hands On: Samsung Galaxy Note 9


Anwar Aburizal

Jum'at, 10 Agustus 2018 • 18:00

samsung,galaxy,galaxy note 9,samsung galaxy note 9,harga samsung galaxy note 9


Tidak sampai 24 jam berselang sejak peluncuran globalnya di New York, semalam. Samsung Electronics Indonesia, langsung meluncurkan phablet premium ikonik mereka ini untuk pasar tanah air. Lewat event bertajuk “The Next Samsung Galaxy”, PULSA pun berkesempatan untuk mencoba langsung kecanggihan Note 9. Berikut kesan pertama kami.

Bodi Sama, Layar Lebih Besar

Seperti yang sudah tersebar lewat spesifikasi resminya di dunia maya, Note 9 secara fisik nyaris persis dengan pendahulunya Galaxy Note 8, baik secara dimensi maupun tampilan. Perbedaan minor hanya pada letak pemindai sidik jari yang dipindahkan ke bawah kamera ganda utama demi jangkauan yang lebih natural dan intuitif. Sementara dua mata lensa kamera utama ini tetap tersusun horizontal.

Samsung Galaxy Note 9Samsung Galaxy Note 9

Selain itu, bezel di bawah dan atas layar juga dibuat lebih tipis. Hal ini membuat Note 9 punya layar yang sedikit lebih besar dibanding seniornya. Namun tanpa dilihat secara langsung berdampingan, jujur saja, PULSA tidak  menyadari perbedaan yang hanya selisih 0.1 inci ini.

Samsung Galaxy Note 5Samsung Galaxy Note 5

Selebihnya, Note 9 tetap tampil elegan seperti pendahulunya dengan lapisan kaca tangguh, Gorilla Glass, di sisi muka dan belakang juga aluminium disekeliling sebagai frame.


Unit yang ada di tangan PULSA ini merupakan varian warna Metalic Copper yang terlihat elegan dengan identitas ponsel premium yang kental.

UI Familiar dengan Game Fortnite Eksklusif

Secara umum tidak ada perubahan pada tampilan dan fitur Samsung Experience yang berjalan di Android Oreo milik Note 9 jika dibandingkan dengan yang tersaji pada S9 dan S9+.

Homescreen tersaji multi panle dengan panel paling kiri didedikasikan untuk tampilan Bixby Home. Sementara untuk mengakses App Drawer tinggal menyapu layar dari bawah ke atas atau sebaliknya.

Fitur Edge Panel juga tersedia secara default yang bisa diakses dengan sapuan dari sisi kanan layar ke tengah, dengan sejumlah pilihan bermanfaat seperti Apps Edge, Smart Select, Reminder, Quick Tools dan masih banyak lagi.

Samsung Galaxy Note 9Samsung Galaxy Note 9

Salah satu hal menarik dari peluncuran global Note 9 adalah kerjasama Samsung dengan Epic Games untuk menyediakan game populer mereka Fortnite Battle Royal secara eksklusif melalui Galaxy Apps. Dan pada unit yang PULSA pegang kali ini game tersebut pun tersedia secara default.

Samsung DeX

Sejak diperkenalkan pada Samsung Galaxy S8 dan S8+, fitur DeX yang mampu menyulap ponsel premium Samsung menjadi komputer desktop, menjadi fitur yang menarik bagi siapa saja yang menggunakan ponsel sebagai pendukung produktifitas.

Pada Note 9, pengguna bahkan tidak perlu repot dengan asesoris “ribet” seperti DeX Dock maupun DeX Pad. Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna hanya butuh bantuan sebuah asesoris ringkas yakni kabel konverter dari USB Type C menuju HDMI. Selanjutnya pengguna tinggal menghubungkan kabel HDMI monitor ke Note 9 dan Voila, Note 9 berubah menjadi Desktop yang tertampil di monitor.

Dengan DeX Mode, multitasking terasa lebih mudah karena pengguna dapat mengatur ukuran jendela dari setiap aplikasi yang berjalan seperti halnya pada komputer desktop.

Fungsi Tambahan S-Pen

Fungsi tambahan pada S-Pen juga menjadi bintang pada peluncuran Note 9. Pada S-Pen generasi terbaru ini, Samsung memanfaatkan teknologi Bluetooth untuk melakukan sambungan jarak jauh dengan Note 9.

S Pen Galaxy Note 9S Pen Galaxy Note 9

Dengan demikian pengguna bisa menggunakan S-Pen untuk mengontrol Note 9 dari jarak jauh hingga 10 meter. Fungsi control yang bisa dimanfaatkan diantaranya, sebgai shutter untuk berfoto, mem-pause video yang diputar pada YouTube, mengganti slide saat melakukan presentasi dan sebagainya. Pengguna bahkan bisa melakukan pengaturan untuk costum control.

Tak seperti pendahulunya, S-Pen membutuhkan daya sehingga harus di-charge. Tapi tak perlu skeptis dulu, karena untuk mengisi daya S-Pen ini pengguna cukup memasukkannya kepada slot yang tersedia selama 40 detik demi mendapatkan daya untuk digunakan selama 30 menit. (*)

 

    2018-12-14 08:33:06


    Ponsel 5G di 2019?