pulsa-logo

Mengapa Xiaomi Bikin Pocophone?


Zulkifli Awiek

Senin, 13 Agustus 2018 • 09:47

poco,pocophone,pocophone adalah,merek baru pocophone,ciaomi pocophone F1


image courtesy: Androidcentralimage courtesy: Androidcentral

Kehadiran Pocophone akhirnya semakin jelas. Ini adalah sub-brand yang diusung oleh Xiaomi dan pertama kali diperkenalkan di India. Tapi mengapa Xiaomi memiliki strategi mengusung sub-brand baru?

Mengutip artikel dari Android Central,  alasannya Xiaomi mengeluarkan Pocophone untuk lebih bisa bersaing pada level handphone premiu. Seperti yang sudah kita ketahui, penetrasi pasar Xiaomi di pasar seperti India dan beberapa negara Asia Pasifik lainnya, sangat baik dilakukan oleh Xiaomi. Namun, Xiaomi akhirnya dikenal pula sebagai brand gadget dari Tiongkok yang selalu menghadirkan perangkat-perangkat dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitor-kompetitornya.

Tentu saja hal itu juga menyulitkan Xiaomi ketika merilis perangkat flagship seperti Mi Mix 2 tahun lalu. Mengapa? Karena akhirnya para calon pembeli di pasar gadget enggan menghabiskan uang lebih dari $ 435 (sekitar Rp 6 Juta lebih) untuk membeli flagship dari Xiaomi yang sudah kadung dikenal dengan perangkat-perangkatnya yang murah dan terjangkau.

Nah, artikel tersebut menyebut bahwa Pocophone dikenalkan sebagai “cara” untuk memecahkan persoalan tersebut, dan dibuatlah sub-brand baru yang disebut POCO, yang dipimpin oleh Jai Mani.

Mani dahulu bergabung dengan Xiaomi dari Google pada tahun 2014 sebagai Lead Product Manager, dan kemudian ia menjadi tokoh kunci dalam peluncuran beberapa produk Xiaomi di India. Beberapa saat lalu, Mani meng-tweet sebuah penjelasan tentang POCO lewat Twitter-nya yang secara garis besar menjelaskan alasan dibalik dibentuknya sub-brand POCO tersebut.

Selain menjelaskan tentang inspirasi, visi, serta misi dari dibentuknya POCO by Xiaomi, Mani tidak membahas detail tentang perangkat Pocophone yang akan datang, namun seperti yang telah kita ketahui belakangan ini, bahwa sudah banyak bocoran tentang perangkat yang dinamai Pocophone F1.

Dimana Poco F1 akan didukung oleh Chipset Qualcomm Snapdragon 845, membawa teknologi cairan pendingin (Liquid Cooling System), Poni / Notch di layar depan, Baterai 4000 mAh, InfraRed Blaster, Kamera Depan 20 MP dengan fitur Face Unlock, Jack Audio 3.5 mm, serta USB Type-C. Di samping itu, kabarnya Pocophone F1 akan tersedia dalam dua varian memori dan penyimpanan, 6 GB / 64 GB, dan 6 GB / 128 GB.


Ini merupakan langkah strategi bisnis yang bagus dari Xiaomi, karena Xiaomi harus membedakan segmentasi pasar perangkat high-end atau flagship-nya, dengan segmen pasar mid-to-low. Ini merupakan formasi perlawanan kepada OnePlus yang juga hanya merilis handphone flagship saja, sedangkan Oppo dan Vivo bergerilya di segmen yang lain.

Menarik untuk ditunggu sepak terjang Poco by Xiaomi di belantara per-gadget-an dunia ke depannya.  (*)

Sumber : androidcentral