pulsa-logo

Tiongkok Punya Hotel Berteknologi Canggih, Seperti Apa?


Hairuddin

Selasa, 14 Agustus 2018 • 14:18

Tiongkok, Hotel Robot, Post Pay, Smart Room, Mesin Check-in,


Post Pay di Tiongkok (Foto: Istimewa)Post Pay di Tiongkok (Foto: Istimewa)

Perkembangan teknologi di Tiongkok tidak hanya berkutat pada perangkat elektronik yang rata-rata produksinya dibuat di negeri tirai bambu ini, tapi juga sudah mulai merambah ke semua sektor termasuk pariwisata.

Saat ini, banyak pusat-pusat hiburan dan wisata di Tiongkok yang mulai menerapkan teknologi tinggi. Penginapan misalnya, mulai banyak menjamur hotel-hotel yang menampilkan berbagai fitur canggih yang belum bisa ditemukan di hotel-hotel lain di dunia.

Nah, Anda yang berencana untuk liburan ke Tiongkok dalam waktu dekat, jangan kaget jika menemukan 4 kecanggihan berikut ini.

1. Smart Room

Hotel di Tiongkok kini mulai bekerja sama dengan perusahaan teknologi untuk menciptakan pengalaman menginap yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan kecanggihan artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang siap menjadi asisten pribadi Anda.

Smart Room di Hotel Tiongkok (Foto: Istimewa)Smart Room di Hotel Tiongkok (Foto: Istimewa)

Anda pun bisa memilih waktu tinggal Anda sebagai perjalanan bisnis ataupun liburan biasa. Dari pilihan Anda tersebut, kondisi ruangan dan room service akan disesuaikan secara otomatis oleh sistem. Bahkan, mengontrol TV, lampu, dan AC dapat menggunakan perintah suara.


2. Check-in menggunakan mesin otomatis

Saat ini masih banyak hotel yang menggunakan tenaga manusia untuk check-in. Namun tidak dengan beberapa hotel di Tiongkok. Saat ini mulai bermunculan hotel yang menggunakan mesin kios otomatis sebagai alat check-in, layaknya yang sering ditemukan di bandara. Dengan mesin kios ini, Anda hanya perlu memindah kartu identitas atau paspor Anda, memasukkan informasi kontak, dan mengambil gambar wajah Anda. Setelah semua data perifikasi oleh sistem, mesin ini akan mengeluarkan key card yang menjadi kunci kamar Anda.

Mesin check-in otomatis di hotel Tiongkok (Foto: Istimewa)Mesin check-in otomatis di hotel Tiongkok (Foto: Istimewa)

3. Post Pay

Saat ini dunia sedang bergerak menuju pembayaran cashless karena jauh lebih praktis. Tiongkok pun tidak mau ketinggalan, bahkan ingin menjadi pionirnya. Kini banyak hotel yang bekerja sama dengan raksasa teknologi Alibaba Group untukku menciptakan metode pembayaran non tunai.

Para tamu tidak perlu menyerahkan kartu kreditnya kepada pihak hotel untuk melakukan deposit, sehingga mempercepat waktu check-in sekaligus menjaga privasi data para tamu. Saat check-out pun para tamu tidak perlu melakukan proses pembayaran yang berbelit belit karena biaya menginap akan langsung dibebankan ke akun Alipay yang ditagihkan di akhir waktu. Sehingga para tamu hanya perlu mengembalikan kunci kamar saat check-out.

4. Hotel robot

Bagi para milenial yang tertarik dengan dunia teknologi, kini telah berdiri berbagai hotel yang seluruhnya dikendalikan oleh robot. Mulai dari proses check-in, room service, dan check-out. Saat check-in Anda hanya perlu menggunakan mesin kiosk otomatis dengan menyediakan segala identitas untuk mendapatkan key card kamar Anda. Untuk membuka kamar, Anda juga bisa menggunakan passcode yang hanya perlu Anda ketik di aplikasi smartphone.

Robot Hotel di Tiongkok (Foto: Istimewa)Robot Hotel di Tiongkok (Foto: Istimewa)

Untuk kebutuhan room service, makanan dan minuman Anda akan diantarkan oleh robot kecil yang modern. Robot kecil ini juga siap mengantarkan Anda menuju kamar apabila Anda membutuhkan panduan. Namun apabila Anda membutuhkan pelayanan lain seperti merapikan kamar, juga tersedia staf hotel yang siap membantu Anda.

Tentu saja, keempat kecanggihan tersebut hanyalah sebagian kecil dari kemajuan teknologi yang ada di Tiongkok. Masih banyak kecanggihan lainnya yang bisa ditemukan di Tiongkok, mengingat kini posisi Silicon Valley sebagai pusat inovasi dunia mulai diambil alih oleh Tiongkok.

Anda yang ingin berwisata ke Tiongkok pun kini tidak perlu repot dan tidak harus merogoh kocek lebih dalam. Tinggal manfaatkan saja paket wista yang banyak ditawarkan agen travel, termasuk penerbangan murah yang seringkali ditawarkan beragam maskapai penerbangan seperti Air Asia dan sebagainya.