pulsa-logo

Hands-on: Icip-Icip 'Smartphone Bagus' Advan G2 Plus


Fauzi

Rabu, 15 Agustus 2018 • 13:31

Advan G2 Plus


Advan G2 Plus, Foto: PULSAAdvan G2 Plus, Foto: PULSA

Belum lama ini Advan melepas satu produk baru bertajuk G2 Plus. Bagi Anda yang penasaran, berikut icip-icip PULSA dengan smartphone berformat layar penuh plus memiliki baterai jumbo yang diklaim sebagai ‘smartphone bagus’ oleh sang pembesut ini. So, langsung disimak saja uraiannya.

Desain

Menyandang layar berukuran 5.7 inci, Advan G2 Plus memiliki bodi yang ternyata masih cukup ramping dan kompak dengan dimenasi 154 x 73,4 x 8,4 mm. Imbasnya, smartphone ini mantap ketika digenggam dan masih oke ketika dimasukkan ke dalam saku.

Advan G2 Plus dikemas dengan desain unibodi. Di bagian depan nampak sebuah panel layar yang sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D nan elegan. Sementara untuk bagian belakang, smartphone ini mengadopsi panel bermaterial plastik yang disapu dengan sajian warna hitam glossy yang membuatnya cukup sleek.

Soal tata letak komponen di bagian atas layar, dari kiri ke kanan akan ditemui adanya sensor kamera depan, receiver, lampu flash, serta sensor cahaya/sensor jarak. Menyisir ke ruas sisi, pada ruang berketebalan 8,4 mm ini kita temui adanya tombol power dan tombol volume di bagian kanan. Sementara pada ruas sisi kiri, di sini terdapat slot kartu SIM dan microSD yang ditempatkan dengan posisi agak di atas.

Komponen lain, seperti lubang speaker dan port micro-USB ada terdapat di ruas sisi bagian bawah. Di ruas bagian atas, nampak terlihat satu komponen penting berupa jack audio 3.5 mm. Adapun sensor kamera utama beserta lampu flash berada di panel belakang ditemani oleh sensor sidik jari. Logo Advan juga terlihat menempel di panel belakang.

Layar 5.7 Inci Berasio 18:9


Seperti tertuang di lembar spesifikasinya Advan G2 Plus diracik dengan layar berdiagonal 5.7 inci plus memiliki aspek rasio 18:9 berimbas pada penampilannya yang nampak terlihat memanjang. Sementara, berkat panel kaca 2.5D yang dikenakannya, membuat smartphone juga nampak anggun.

Ketika digunakan, layar smartphone tergolong responsive dan sudah mendukung akses multi-touch. Berdasarkan pengujian diketahui, layar Advan G2 Plus mendukung akses multi-touch sebanyak 5 titik secara bersamaan.

Menariknya lagi, bila diperhatikan ternyata layar Advan G2 Plus sudah disajikan dengan sudut menumpul. Hal ini nampak senada dengan bentuk smartphone yang juga diracik dengan persegi panjang dengan empat sudut menumpul agak membulat.

Kamera

Untuk urusan fotografi, smartphone ini didukung oleh kamera belakang 13 MP dengan PDAF danLEDFlash sebatai alat bidik utama. Adapun untuk selfie, G2 Plus dibekali kamera 8 MP yang juga sudah didukung adanya LED Flash.

Ketika kita membuka aplikasi kamera, di sini banyak tersedia fasilitas standar yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan gambar sesuai keinginan. Selain fasilitas standar yang biasa kita temui di aplikasi kamera smartphone pada umumnya, tidak ketinggalan ada juga beberapa fitur menarik yang pastinya sayang bila tidak digunakan, seperti mode Bokeh, Potrait, dan Beauty.

Dengan mode bokeh, meski G2 Plus tidak dibekali dual-camera, smartphone ini bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan efek blur. Pun begitu ketika kita selfie, menggunakan mode portrait kita juga bisa membuat latar belakang foto menjadi blur.

Jeroan

G2 Plus ditenagai chip prosesor quad-core 1.3 GHz Cortex-A53, MediaTek MT6737 dengan Mali-T720 sebagai pengolah grafisnya. Selain itu, daya gedor Advan G2 Plus juga didukung oleh RAM 3 GB. Sementara untuk fasilitas penyimpan data, smartphone ini telah menyematkan memori internal berkapasitas 32 GB. Bila dianggap kurang memadai, pengguna masih bisa memperluas kapasitas penyimpanan data lewat kartu microSD up to 64 GB.

Sedikit gambaran mengenai kinerjanya, berdasarkan tes AnTuTu, skor handphone ini ada di kisaran 39981.

Menariknya lagi, untuk menyuplai daya, di dalam bodi Advan G2 Plus telah tertanam baterai berkapasitas jumbo, yakni 4000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, di atas kertas operasional penggunaan smartphone juga bisa lebih lama.

Ingin tahu lebih detil lagi soal Advan G2 Plus, simak saja review-nya nanti. (Ozi)