pulsa-logo

Wah, Presiden AS Donald Trump Blacklist 2 Merek Handphone Ini


Zulkifli Awiek

Rabu, 15 Agustus 2018 • 14:19

Wah, Presiden AS Donald Trump Blacklist 2 Merek Handphone Ini


Ilustrasi, Image: Android HeadlinesIlustrasi, Image: Android Headlines

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pembuat undang-undang yang berwenang dan lembaga di Amerika Serikat melihat produk-produk besutan Huawei dan ZTE sebagai ancaman untuk stabilitas keamanan bagi negara tersebut.

Bahkan selalu ada pemberitahuan berulang kali dari pihak yang berwenang di sana, untuk memastikan bahwa produk Huawei atau ZTE tidak digunakan oleh pejabat pemerintah.

Lalu kini, Presiden Trump telah resmi menandatangani undang-undang yang melarang pemerintah AS dan kontraktor yang bekerjasama dengan pemerintah AS menggunakan perangkat yang dibuat oleh dua produsen asal Cina ini.

Larangan ini adalah bagian dari Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Amerika Serikat, dan akibatnya, perangkat Huawei dan ZTE akan dilarang penggunaannya. Larangan ini akan berlaku selama 2 tahun ke depan.

Tidak hanya perangkat hardware seperti handphone dan sejenisnya, namun larangan itu diperluas lagi untuk penggunaan layanan (service), dan juga larangan untuk menggunakan komponen dari Huawei dan ZTE, baik itu komponen yang “critical” atau "essential" sekalipun di sistem yang sedang mereka (Amerika Serikat) gunakan.

Beberapa komponen dari kedua perusahaan ini ada yang masih diperbolehkan, tetapi jumlah dan jenisnya sangat dibatasi, terutama yang sangat tidak diperbolehkan adalah komponen yang mampu untuk membaca data dan merutekan data.

Dilansir dari Ubergizmo, pihak Huawei juga telah menanggapi larangan tersebut, mereka mengatakan bahwa pelarangan itu adalah bentuk dari "Random Addition" untuk RUU Pertahanan yang tidak berdasar, tidak efektif, salah arah, dan tidak konstitusional.


Huawei juga menambahkan bahwa pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump telah gagal mengidentifikasi risiko keamanan nyata terkait dengan produk-produk ZTE dan Huawei.

Waduhh, bagaimana menurut Anda? (Awiek/Ozi)

Sumber: 1, 2