pulsa-logo

Prosesor Unggulan Qualcomm Berikutnya Mungkin Menyertakan NPU Khusus


PULSA

Selasa, 21 Agustus 2018 • 08:33

snapdrago,qualcomm,AI,artificial intelligent,NPU,chip NPU


logo Snapdragon, Doc. Istimewalogo Snapdragon, Doc. Istimewa

Chipset papan atas Qualcomm seperti Snapdragon 845 yang banyak digunakan oleh banyak pabrikan pada perangkat high-end, belum memiliki chip NPU khusus. Chip ini untuk menangani pengolahan saraf yang berkaitan dengan Artificial Intelligent (AI). Kedepan, Qualcomm disebut-sebut bakal memiliki chipset unggulan dengan NPU di dalamnya.

Chipset mobile yang kini sudah dibundel dengan NPU adalah HiSillicon Kirin 970 besutan Huawei. NPU memungkinkan pengolahan tugas AI akan berlangsung pada bagian terpisah dari chip. Pemisahan tugas tidak hanya meningkatkan kinerja tetapi juga memungkinkan untuk dukungan AI yang lebih maju.

Kabarnya, Snapdragon 855 yang akan dibekali NPU dedicated. Padahal Huawei sudah mengenalkan HiSillicon Kirin 970 pada IFA 2017.

Qualcomm diperkirakan akan mengikuti jejak Huawei tahun depan. Ini akan menjadi chip pertama dari Qualcomm yang dibekali chip khusus ini. Fungsi AI di handphone akan terus berkembang dan mungkin akan menyentuh banyak aspek tidak hanya pada fitur kamera saja.

Informasi ini belum dikonfirmasi oleh pihak Qualcomm dan memang belum ada rincian mengenai chipset unggulan Qualcomm mendatang. (*)

Sumber: Winfuture via Ubergizmo