pulsa-logo

Update Android Terbaru Molor? Ini Penjelasan Sony


Nariswari

Selasa, 21 Agustus 2018 • 10:14

sony,xperia,xperia update android,android pie


Sistem operasi  Android v9 Pie secara resmi dirilis Google baru-baru ini, dan setelah handphone Google  Pixel Series dan Essential Phone yang pertama mendapatkan rilis Android Pie, kemudian pembaruan Android Pie ini  akan digulirkan  kemudian ke  beberapa produsen yang berpartisipasi dalam proyek Android Beta  untuk dapat menjadi pengguna awal Android Pie.

Sebuah kabar terbaru menunjukkan bahwa 99% perangkat berbasis OS Android masih belum menjalankan sistem operasi ini. Tentu saja, ini dikarenakan  beberapa merek  besar seperti HMD Global (Nokia), HTC, Sony, dan OnePlus  yang telah mengumumkan model handphone mereka  yang akan mendapatkan pembaruan Android Pie, tetapi pembaruan ini mungkin belum digulirkan dalam waktu dekat.

Ambil contoh paling nyata adalah Sony.  Pembaruan OTA  yang akan digulirkan oleh Sony perlu menunggu hingga November 2018.  Mungkin terpikir dalam benak publik, mengapa Sony begitu lama merilis pembaruan perangkat lunak di perangkat mereka?  Sony tampaknya agak “tidak berdaya” dengan lambatnya peluncuran perangkat lunak sehingga Sony merasa perlu untuk membuat "gambar skema”  untuk menjelaskan mengapa pembaruan sangat lambat digulirkan di perangkat Sony.

Sederhananya, Sony membagi iterasi dari Android utama menjadi dua fase. Fase pertama memiliki kira-kira tujuh langkah yang berputar di sekitar migrasi dan proses developing sistem perangkat lunak. Langkah pertama / kedua adalah menggunakan perangkat pengembangan platform Google untuk mengoptimalkan / debug, dan kemudian meletakkan fondasi dan transplantasi perangkat lunak.

Langkah ketiga adalah mengembangkan lapisan abstraksi perangkat keras yang menyesuaikan dengan produk-produk Sony  Xperia, yaitu, untuk memastikan bahwa semua chip yang digunakan oleh prangkat Sony Xperia yang  kompatibel. Langkah keempat adalah menerapkan fungsi dasar handphone, seperti fungsi menelepon, informasi, jaringan seluler, dan lain-lain.

Ini adalah proses penambahan fitur eksklusif Sony, seperti UI, animasi, kunci  layar, musik, dan sebagainya. Langkah keenam dan ketujuh adalah proses pengujian, termasuk penggunaan sehari-hari, stabilitas internal dan eksternal, uji operator, dan sebagainya.

Tahap utama kedua adalah fase sertifikasi dan persetujuan. Langkah pertama adalah mendapatkan sertifikasi melalui berbagai tes standar industri, seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan lain sebagainya. Langkah kedua adalah untuk beradaptasi dengan mitra OEM Sony, seperti operator, daerah tertentu, dan sebagainya. Langkah ketiga adalah secara formal merilis pembaruan tersebut.


Setelah digulirkan, tentu saja staf pendukung  update perangkat lunak ini juga akan terus  mengawasi umpan balik pengguna untuk memeriksa apakah ada bug, celah keamanan dan masalah lainnya setelah proses update perangkat lunak tersebut. Masing-masing proses ini membutuhkan waktu sehingga  cukup masuk akal jika kemudian Sony membutuhkan  waktu hingga  berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan menggulirkan  pembaruan prangkat lunak ke handphone Sony Xperia milik Anda. (*)

Sumber: Gizchina