pulsa-logo

Hands On Vivo Y81, Tampil Slim dengan Desain Kekinian


Deni Hardian

Jum'at, 24 Agustus 2018 • 13:21

hands on,hands on vivo y81,spesifikasi vivo y81,harga vivo y81,fitur vivo y81,tabloidpulsa


Vivo Y81Vivo Y81

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Vivo Indonesia baru-baru ini menghadirkan handphone terbarunya yang dilabel Vivo Y81. Versi murah dari Vivo Y83 ini hadir dengan tampilan desain yang tidak jauh berbeda. Handphone yang menyasar kelas bawah ini mengadopsi layar besar berponi dengan teknologi terkini plus dukungan dapur pacu terkini dengan chipset terbaru keluaran Mediatek.

Tak perlu menunggu lama, Vivo Y81 sudah tersedia di meja redaksi dengan melakukan pembelian secara online dengan harga Rp 2.499.000. Sayangnya, saat PULSA melakukan pemesanan, Vivo Y81 hanya tersedia dengan opsi warna hitam. Untuk varian warna merah belum tersedia dalam waktu yang dekat.

Paket Penjualan Vivo y81Paket Penjualan Vivo y81

Tak perlu berpanjang kata, PULSA langsung mengecek paket penjualan yang tersedia dalam handphone ini. Dalam paket penjualannya, PULSA menemui handset Vivo Y81, pin ejector, kabel data, buku panduan dan kepala charger. Sayangnya tak tersedia earphone dalam paket penjualan handphone ini. Hal ini cukup disayangkan, dengan harga yang terbilang tinggi sudah semestinya earphone tersedia secara cuma-cuma. Alhasil, konsumen yang ingin mendengarkan musik secara privasi harus merogoh kocek lagi untuk membeli perangkat earphone.

Berbicara desainnya, Vivo Y81 tampil slim yang membuatnya nyaman untuk digenggam. Selain itu kover belakang pada Vivo Y81 sedikit melengkung dengan sudut yang menipis pada sisi kanan dan kiri. Dengan kover belakang yang seperti ini mengingatkan PULSA terhadap handphone Vivo yang telah beredar sebelumnya yakni Vivo V9.

Pada bagian antarmukanya, Vivo Y81 hadir dengan panel layar berukuran 6.22 inci dengan resolusi HD+ dan tambahan poni dibagian atasnya yang membuatnya tampil kekinian. Masih di bagian depan, Vivo Y81 tak menyematkan tombol fisik pada perangkatnya, sebagai gantinya, Vivo menyematkan tombol virtual yang terdiri dari tombol home, back dan recent apps. Sedangkan di bagian atas, pada poni yang tertanam tersemat kamera depan yang memiliki resolusi 5 megapiksel. Tak ada lampu flash di bagian depan untuk membantu pengguna beraktivitas selfie di ruangan minim cahaya.

OS Vivo Y81OS Vivo Y81


Beralih ke bagian belakang, Vivo menanamkan kamera belakang 13 megapiksel yang ditemani oleh lampu flash LED. Pada sisi kiri Vivo membenamkan slot SIM card dan slot kartu microSD secara terpisah, alhasil selain bisa menggunakan 2 kartu SIM pengguna juga bisa menambahkan kartu microSD secara bersamaan. Sementara pada sisi kanan, PULSA menemui tombol power yang ditemani oleh tombol volume.  

Vivo Y81Vivo Y81

Vivo Y81Vivo Y81

Pada sektor dapur pacu, Vivo Y81 diketahui telah menyematakan chipset terbaru keluaran Mediatek yakni Helio P22 yang memiliki konfigurasi prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan grafis PowerVR GE8320. Chipset yang tertanam ini juga sudah ditunjang oleh RAM sebesar 3GB dan memory internal sebesar 32GB.

Slot kartu sim dan microSD Vivo Y81Slot kartu sim dan microSD Vivo Y81

Penasaran dengan kinerjanya, PULSA langsung menguji perangkat ini dengan beberapa aplikasi benchmark seperti Antutu dan GeekBench 4. Namun sayangnya, saat pengujian melakukan aplikasi Antutu tidak berjalan mulus alias selalu terhenti ditengah jalan. Namun untuk aplikasi benchmark GeekBench 4 berjalan normal sebagai mana mestinya.

Vivo Y81 Geekbench4Vivo Y81 Geekbench4

Ingin lebih tau bagaimana kinerja saat digunakan untuk bermain game dan aktivitas lainnya serta bagaimana kinerja fotografi yang dimiliki perangkat ini? Nantikan ulasan lengkapnya di Tabloid PULSA edisi mendatang.