pulsa-logo

Xiaomi dan Lenovo Garap Handphone 5G dengan Snadragon?


Nariswari

Senin, 27 Agustus 2018 • 09:50

xiaomi,lenovo,teknologi 5G


ilustrasiilustrasi

Beberapa hari lalu, produsen handphone yang berbasis di China, Xiaomi meneruskan postingan dari Qualcomm di platform micro-blogging Weibo mengenai chipset mobile generasi berikutnya. Di postingan tersebut menambahkan tulisan "Harapan". Menariknya, pabrikan handphone China lainnya, Lenovo, merespons postingan Xiaomi dengan agak menyentil dengan menambahkan kalimat di Weibo, "Lebih dari yang Anda harapkan".

Nah, di sinilah kemudian memicu desas-desus bahwa kedua produsen ponsel cerdas tersebut saat ini tengah menggarap perangkat yang didukung oleh chipset mobile generasi mendatang Qualcomm. Tak hanya itu, handphone tersebut juga kabarnya akan mendukung jaringan konektivitas 5G yang kompatibel dengan dukungan processor terbaru Qualcomm. Perlu Anda ketahui, bahwa prosesor Qualcomm generasi yang akan datang akan dipasangkan dengan modem Qualcomm Opteron X50 (5G).

Qualcomm, yang sejauh ini masih mendominasi pasar chipset seluler, saat ini memang dikabarkan tengah menggarap prosesor andalan generasi berikutnya, yang akan diproduksi menggunakan proses desain 7nm. Dan Qualcomm mempercayakan proses produksi chipset ini ke produsen asal Taiwan yakni TSMC. Dan TSMC akan memulai produksi massal chipset Qualcomm 7nm pada kuartal keempat tahun ini.

Rumor terbaru menyebutkan bahwa bisa jadi Qualcomm dapat mengubah skema penamaan prosesornya di chipset generasi mendatang. Tujuannya adalah untuk menghindari kerancuan dan kebingungan di konsumen. Adapun Snapdragon 855 (SDM855) dengan name code "Hena" sekarang disebut sebagai SM8150, dan processor ini memiliki dimensi yang terbilang mungil 12,4 x 12,4 mm. Namun kabarnya, SM1850 tidak memiliki dukungan integrase ke modem 5G. Sebagai gantinya, Qualcomm akan menyertakan model Snapdragon X24 dengan dukungan untuk Cat. 20 LTE.  

Rumor ini tentu bertentangan dengan kabar sebelumnya yang mengklaim bahwa Snapdragon 855 aka SM8150 akan datang dengan dukungan modem SDX50 dan dikenal sebagai Snapdragon 855 Fusion Platform. Kemungkinan ada prediksi lain bahwa  akan ada dua versi dari Snapdragon 855 - satu tanpa dukungan modem 5G dan yang lain dengan dukungan modem 5G.

Nah, beberapa hari yang lalu, ada kabar yang menyebutkan bahwa ada beberapa produsen handphone yang  telah menerima sampel chipset 7nm Qualcomm, untuk tujuan pengujiandan R&D untuk penggarapan handphone generasi mendatang yang diotaki oleh processor terbaru Qualcomm tersebut.

Meskipun demikian, sejauh ini kita belum mengetahui kapan Qualcomm berencana mengumumkan secara resmi chipset seluler generasi mendatang tersebut. Tapi  ada rumor yang menyebutkan bahwa chipset ini kemungkinan akan diluncurkan pada bulan Desember. Dan jika benar, maka handphone pertama yang diotaki oleh processor tersebut paling cepat akan diluncurkan pada awal 2019. (Nariswari)


Sumber: Gizmochina