pulsa-logo

Apple Bakal Ganti Teknologi Layar di iPhone Mendatang?


Nariswari

Senin, 27 Agustus 2018 • 09:59

apple,iphone,iphone terbaru,iphone 2018


ilustrasiilustrasi

Analisis dari firma riset IHS Markit menunjukkan bahwa Apple kemungkinan besar saat ini sedang mempertimbangkan adanya sebuah revolusi atau perubahan teknologi layar. Dengan menggunakan backplane polikristalin oksida suhu rendah (LTPO), dari transistor film tipis bersuhu rendah (LTPS TFT) yang saat ini digunakan pada layar OLED-nya. Backplane adalah bagian dari layar yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan piksel, dan bagian ini “bertanggung jawab” atas konsumsi daya, resolusi, dan kecepatan refresh display.

Menurut IHS Markit, Apple telah mengajukan tiga paten terkait dengan LTPO sejak tahun 2014, 2015 dan 2018. Analis di HIS Markit, David Hsieh, memang mengajukan pertanyaan yang menarik. Jika Apple mengambil alih panel OLED-nya dari perusahaan lain, mengapa begitu tertarik membuat sistem backplane sendiri tanpa melibatkan pemasok OLED-nya?

Ternyata ada beberapa alasan yang melatari Apple untuk mempertimbangkan adanya perubahan teknologi layar di handphone generasi mendatangnya. Beberapa kemungkinan di antaranya adalah sebagai berikut:

1.    Untuk lebih terlibat dalam biaya dan teknologi komponen OLED yang fleksibel.

2.    Untuk mengurangi konsumsi daya di jajaran produk Apple.

3.    Untuk mencapai mobilitas elektron yang tinggi untuk resolusi layar yang lebih tinggi.

4.    Untuk mengelola ketersediaan suplai dari rantai suplai dari mitra pemasok display.


Masa pakai baterai dapat diperpanjang dari 5% hingga 15% menggunakan LTPO. Tetapi tidak semua kabar tentang LTPO positif sejauh ini. Karena saat ini, LTPO membutuhkan transistor film tipis yang lebih besar, yang berarti lebih sedikit transistor di substrat layar. Itu berarti layar akan memiliki resolusi lebih rendah. Dan photomask yang lebih besar diperlukan untuk teknologi ini dan konsekwensinya  membutuhkan peralatan produksi yang lebih mahal dan tentunya  proses memproduksi komponen untuk LTPO lebih kompleks dan rumit.

Menurut David Hsieh, Apple kemungkinan akan menguji backplane LTPO pada layar Apple Watch terlebih dahulu, sebelum ke perangkat iPhone. Karena Apple Watch memiliki ukuran layar yang lebih kecil.  Sebelum akan benar-benar yakin  akan menggunakan teknologi backplane LTPO pada iPhone generasi mendatang. (*)

Sumber: ihsmarkit via Apple Insider via Phonearena